loading...

397 Sekolah di Aceh Laksanakan UNBK

loading...
Loading...

BANDA ACEH - Sebanyak 705 sekolah SMA/MA di Aceh melaksanakan Ujian Nasional (UN). Dari jumlah sekolah tersebut total peserta ujian tahun ini mencapai 55.786 siswa. Dari jumlah sekolah yang melaksanakan UN itu, sebanyak 397 sekolah atau 56,3 persen telah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Kita harapkan, lulusan UN SMA/MA dari Aceh tahun ini bisa masuk dalam 10 besar peringkat nasional,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Laisani MSi kepada Serambi, Senin (10/4) usai meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di sejumlah SMA di Banda Aceh dan Aceh Besar bersama Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah.

Disebutkan juga ada tujuh kabupaten/kota yang telah melaksanakan UNBK 100 persen, yaitu Kota Sabang 4 sekolah, Subulussalam 19 sekolah, Kota Lhokseumawe 18 sekolah, Bener Meriah 31 sekolah, Aceh Tamiang 34 sekolah, Nagan Raya 20 sekolah dan Abdya 19 sekolah.

Kepada ketujuh daerah yang telah melaksanakan UNBK, kata Laisani, patut kita berikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati/Walikota, DPRK, Kepala Dinas Pendidikan, dan pihak terkait lainnya yang telah memberikan perhatian besar terhadap kemajuan pendidikan di daerahnya.

“Masih banyak daerah yang belum melaksanakan UNBK seratus persen. Seperti Banda Aceh, dari 37 sekolah yang menggunakan komputer baru 15 sekolah, 22 sekolah lagi masih gunakan pinsil,” sebut Laisani. Ditambahkannya, dengan UNBK lebih efisien dan efektif. Ancaman adanya kebocoran soal dan contek menyontek antara siswa peserta UN, kecil sekali terjadi.

Untuk hari pertama Senin (10/4), mata pelajaran yang diuji, sebut Laisani, adalah Bahasa Indonesia, hari kedua Selasa (11/4) Matematika, hari ketiga Rabu (12/4) Bahasa Inggris, dan hari keempat Kamis (13/4) mata pelajaran pilihan, yaitu Kimia, Fisika, Biologi, Ekonomi dan Sosiologi.

Laisani menargetkan, pada tahun ini tingkat kelulusan SMA/MA di Aceh bisa masuk peringkat 10 besar nasional, dari sebelumnya baru berada pada peringkat 22 nasional.

Pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA/MA dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Banda Aceh dan Aceh Besar pada hari pertama, Senin (10/4) berjalan lancar. Ujian yang dimulai pukul 07.30- 16.00 WIB, dan terbagi dalam tiga sesi ini berlangsung langcar.

Kepala SMA Modal Bangsa, Dr Anwar MEd, Kepala SMA Negeri 11 Banda Aceh, Dra Nuriati MPd, dan Kepala SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh, Muhibbul Khibri SPd MPd, yang ditanyai Serambi secara terpisah, Senin kemarin mengaku pelaksanaan ujian nasional berjalan lancar.

“Meskipun aliran listrik telah normal, tapi kami tetap menyediakan genset untuk jaga-jaga. Kami berharap agar listrik tidak mati hingga selesai ujian nantinya,” ujar Dr Anwar MEd, Kepala SMA Modal Bangsa.

Saat meninjau pelaksanaan ujian itu Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah juga didampingi Kepala Disdik Aceh, Drs Laisani MSi, Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh, dan Ketua Panitia UN Aceh, Zulkifli MPd.

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2017/04/11/397-sekolah-di-aceh-laksanakan-unbk
loading...
Loading...

0 Response to " 397 Sekolah di Aceh Laksanakan UNBK "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.