loading...

inibudi.org: Belajar Mudah dan Menyenangkan

loading...
Loading...


http://inibudi.org/

AKSES dan pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi alasan kelahiran Inibudi.org. Managing Director Inibudi.org Wilita Putrinda mengatakan, upaya untuk mengurangi kesenjangan itu adalah membuat video pembelajaran yang bisa diakses semua orang se cara gratis. 

Sejak Inibudi.org berdiri pada 2013, sudah ada 5.400 video yang bisa dilihat dan diunduh semua orang. ”Video itu bisa menjadi contoh dalam memberikan metode pembelajaran dengan kualitas bagus,” tutur dia.

Alumnus Psikologi Universitas Indonesia angkatan 1988 itu menyebutkan, guru yang ditampilkan dalam video juga bukan guru sembarangan. Mereka punya keahlian khusus dan berasal dari sekolah yang berkualitas. Dia mencontohkan salah seorang guru bidang matematika, Lucky Ariani, yang memiliki sertifikat khusus metode gasing (gampang, asyik, dan menyenangkan) yang dikembangkan Prof Yohanes Surya. 

Oleh Lucky, pembelajaran matematika dibuat mudah. Misalnya, botol air mineral digunakan untuk menunjukkan tinggi dan rendah. Siswa juga diajak berkeliling taman untuk membahas tinggi dan rendah. ”Tiap video itu tak lebih dari tiga menit. Sebab, kalau terlalu lama, nanti bisa bosan,” ungkap Upik –sapaan Wilita Putrinda. 

Istri sutradara kondang Riri Riza itu mengatakan, video tersebut tidak hanya berguna untuk siswa. Tapi juga bermanfaat untuk guru dan orang tua. Guru, misalnya, bisa mendapatkan alternatif model pembelajaran. ”Orang tua juga bisa ikut membantu putra­putrinya memahami pelajaran dengan lebih menyenangkan,” jelasnya. 

Sejak Inibudi.org berdiri empat tahun lalu, hasil kreasi timnya telah tersebar di hampir seluruh penjuru negeri. Mereka membagikannya secara gratis. Peminat hanya perlu mengunduh dari situs atau cukup menyalin video yang bisa didapatkan di kantor Inibudi.org di Jalan Jeruk Purut, Cilandak Timur, Jakarta Selatan. 

Penyebaran video tersebut biasanya bekerja sama dengan lembaga lain seperti Indonesia Mengajar yang menjangkau 17 kabupaten di daerah terpencil. Para guru muda dari Indonesia Mengajar membawa flash disk yang berisi video dari Inibudi.org. Terkadang juga mahasiswa yang sedang menjalani program pengabdian masyarakat membawa video tersebut untuk diperlihatkan kepada siswa. 

Menurut Upik, meski bisa diakses secara gratis, belum semua daerah punya sinyal internet yang bagus. Karena itu, video dengan ukuran besar tersebut agak sulit diunduh. ”Jalan terbaiknya ya dengan disalin saja pakai flash disk,” kata dia. 

Program donasi flash disk pun sekarang sedang digencarkan. Pihaknya menerima flash disk 32 gigabyte (GB) untuk diisi dengan video pelajaran. Lantas akan disebarkan ke sekolah­sekolah. ”Sekarang, dengan semua video yang kami miliki, sudah lebih dari 32 GB sebenarnya,” kata Upik. 

Untuk pengembangan selanjutnya, Inibudi.org membuat pelatihan bagi para siswa. Mereka diajari membuat video pelajaran dengan tema yang menarik. Para siswa biasanya menceritakan pelajaran yang telah diikuti. ”Siswa sekarang kan semakin akrab dengan vlog ( video blog). Jadi, ini diarahkan untuk membuat video pelajaran,” imbuh ibu dua anak itu. 

Upik sadar betul bahwa yang dilakukan Inibudi.org harus terus dikembangkan. Materi pelajaran juga terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman. Tentu juga menyesuaikan kurikulum yang dibuat pemerintah, yang tiap tahun diperbarui. ”Kami akan terus bergerak. Mungkin sampai semua siswa di negeri ini mendapatkan akses seluas­luasnya terhadap pendidikan yang lebih berkualitas.” 

Sumber: Jawa Pos · 30 Apr 2017
loading...
Loading...

0 Response to " inibudi.org: Belajar Mudah dan Menyenangkan "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.