loading...

Inilah Tanggapan Mendikbud Soal Gangguan Server Saat Simulasi UNBK

loading...
Loading...

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) masih menghadapi sejumlah kendala. Beberapa sekolah yang baru kali pertama akan mengikuti UNBK tahun ini khawatir jika dalam pelaksanaannya, terjadi gangguan server, jaringan, dan listrik. Gangguan masih dialami dalam sejumlah simulasi atau tahap uji coba ujian.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan seluruh persiapan UN Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah tahap final. Seluruh SMK di Indonesia pada 3 April hingga 6 April 2017 akan menyelenggarakan UN. Ada yang berbasis komputer UNBK dan ada yang masih ujian pola lama yaitu Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Kemendikbud menegaskan gangguan server justru bukan terjadi di server pusat.

“Persiapan sudah selesai tinggal pelaksanaan. Setelah ditelusuri umumnya gangguan di koneksi akhir ke sekolah,” kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam, Sabtu (1/4).

Menurutnya, dari sisi kesiapan server, Kemendikbud sudah mempersiapkan secara optimal. Pihaknya bekerja sama dengan PT Telkom untuk tidak terjadi gangguan jaringan internet. “Karena server di pusat sudah ditambah dan mencukupi untuk melayani seluruh sekolah,” papar Nizam.

Pihaknya juga sudah beberapa kali koordinasi dengan PLN. Hal itu agar tidak ada pemeliharaan listrik atau mati lampu selama proses UNBK berlangsung.


“Alhamdulillah mereka (PLN) sangat mendukung UNBK, sudah dibentuk tim di setiap provinsi untuk membackup pelaksanaan UNBK,” tegas Nizam

Sumber: Jawa Pos
loading...
Loading...

0 Response to " Inilah Tanggapan Mendikbud Soal Gangguan Server Saat Simulasi UNBK "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.