loading...

Mendikbud Juga Minta Sekolah Tempelkan Gambar Pahlawan Nasional di Tiap Kelas

loading...
Muhadjir Effendy

Jakarta - Untuk menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme, Mendikbud Muhadjir Effendy meminta lagu Indonesia Raya dinyanyikan setiap pagi. Sang menteri juga meminta agar gambar pahlawan ditempel di dinding kelas.

"Memasang Naskah Pancasila, Foto Presiden RI dan Wakil Presiden RI di setiap ruang kelas serta beberapa foto Pahlawan Nasional dalam bingkai/pigura yang baik dan rapi," demikian salah satu poin dalam surat edaran itu.

Dikonfirmasi mengenai surat edaran ini, Muhadjir mengatakan edaran itu dikeluarkan untuk menyempurnakan kebijakan sebelumnya. Untuk naskah Pancasila dan juga gambar pahlawan nasional, menurutnya Muhadjir, jangan hanya sekadar ditempel.

"Itu salah satu cara saja. Tidak boleh sekadar tempel, tapi menanamkan. Perlu keteladanan dari pihak guru," kata Muhadjir kepada detikcom, Minggu (23/4/2017).

Salah satu poin lainnya dalam edaran itu, menyebutkan Kemendikbud meminta agar lagu Indonesia Raya dinyanyikan tiap pagi di sekolah. Usai kegiatan belajar mengajar, siswa diminta menyanyikan salah satu lagu kebangsaan.

Surat bernomor 21042/MPK/PR/2017 dan bertanggal 11 April 2017 itu itu ditandatangani langsung oleh Mendikbud Muhadjir Effendy. Surat ini ditujukan untuk kepala-kepala dinas pendidikan di daerah.

Dalam penjelasan pada surat itu disebutkan, surat edaran itu dikeluarkan untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI untuk mengutamakan dan membudayakan pendidikan karakter di dalam dunia pendidikan. Hal itu sebagai implementasi dari Nawacita yang dicanangkan melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3481881/mendikbud-juga-minta-gambar-pahlawan-nasional-ditempel-di-kelas
Loading...
loading...

0 Response to " Mendikbud Juga Minta Sekolah Tempelkan Gambar Pahlawan Nasional di Tiap Kelas "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.