Mulai Tahun Ini, Pelaksanaan UN tak Akan Serentak Lagi


Pelaksanaan ujian nasional (UN) tidak akan serentak lagi.

Proses itu menurut Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan‎ (BSNP) Kiki Yuliati, mulai dilakukan tahun ini.

Yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih salah satu mata pelajaran (mapel) yang akan dites.

"Kenapa tahun ini mapel yang dites di UN hanya empat? Itu pun satu mapel cuma disuruh pilih,‎ misalnya jurusan IPA, siswa disuruh memilih Kimia, Biologi atau Fisika untuk dites. Di luar Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Itu karena bagian dari road map, di mana ke depan UN tidak lagi serempak," kata Kiki, Selasa (4/4).

Dengan tidak serentaknya pelaksanaan UN, jelasnya, setiap siswa akan dilihat kompetensinya berdasarkan pilihan mapel. Misalnya, pilihannya Kimia, standar kompetensinya diukur sesuai mapel itu.

Selain itu, resourches sharing juga bagian dari road map (agar UN tidak serentak), sehingga masing-masing sekolah bisa menentukan jadwal ujiannya tapi dengan standar terukur.

Juga menentukan kelulusan berdasarkan nilai ujian sekolah berstandar nasional (USBN), Ujian Sekolah (US), dan rapor yang persentasenya ditentukan sekolah.

"‎Kemendikbud dan BSNP ingin membangun kepercayaan. Dengan mengubah mekanisme pelaksaan UN yang kewenangannya didominasi sekolah, diharapkan masing-masing sekolah lebih memiliki integritas dan mampu melaksanaan UN yang sesuai standar," tandasnya.

Sumber: http://www.jpnn.com/news/pelaksanaan-un-tak-akan-serentak-lagi

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama