loading...

Wow! Jumlah Pendaftar Sekolah Ikatan Dinas Mencapai 284.697 Orang

loading...

Pendaftaran sekolah ikatan dinas telah resmi ditutup Jumat (31/03) pekan lalu. Hingga batas akhir pendaftaran, tercatat sebanyak 284.697 pelamar yang mendaftar, sementara jumlah siswa/taruna yang akan diterima hanya sebanyak 10.389. Dibanding dengan pelamar tahun lalu sebanyak 223.228 orang, pelamar yang berhasil melakukan registrasi pendaftaran mengalami kenaikan 61.469 orang.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman mengatakan, bahwa antusiasme masyarakat yang tinggi ini menunjukkan minat untuk menjadi seorang ASN masih tinggi di kalangan masyarakat. Pasalnya, lulusan sekolah ikatan dinas nantinya diarahkan menjadi pegawai ASN. “Jumlah pelamar yang mencapai hampir 300 ribu itu menunjukkan minat yang tinggi generasi muda untuk menjadi ASN,” ujarnya.

Selain itu, tingginya minat ini juga menunjukkan semakin tingginya kepercayaan publik terhadap seleksi pegawai ASN yang semakin bersih dan bebas dari KKN. Mulai dari pendaftaran yang dilakukan secara online dan serentak melalui Panselnas, dipastikan tidak ada pihak-pihak yang bisa melakukan pendaftaran di luar ketentuan yang sudah ditetapkan. “Siapa saja yang memenuhi persyaratan dan melakukan pendaftaran sesuai prosedur yang ditetapkan, tentu bisa mendaftar,” ujarnya menambahkan.

Lebih dari itu, pengalaman pelaksanaan seleksi calon siswa/taruna ikatan dinas yang juga dilakukan dengan sistem Computer Asissted Test (CAT), juga meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Dari data Panselnas, lebih dari separo pendaftar merupakan pelamar pada Politeknik Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) yakni sebanyak 166.315. Padahal kuota yang tersedia sebanyak 6.961. Posisi terbanyak kedua adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan jumlah pelamar 48.657 pendaftar. Disusul Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) dengan pendaftar sebanyak 24.226.

Jumlah pendaftar pada Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) sebanyak 13.707 pelamar. Sementara pada Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) sebanyak 11.154 pelamar. Pelamar pada Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) sebanyak 9.377, kemudian Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dengan pendaftar sebanyak 8.441, dan pelamar pada Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) sebanyak 2.280.

Setelah pendaftaran, para peserta harus menjalani beberapa tes sebelum diterima di sekolah tersebut yang diatur oleh masing-masing instansi. Pelamar yang sudah memenuhi seleksi administrasi, diwajibkan menjalani Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Untuk itu, Herman mengimbau agar para pelamar yang sudah terdaftar menyiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi SKD dengan sistem CAT. “Belajar dan berdoa. Percaya pada diri sendiri, dan jangan pernah berpikir ada orang lain yang bisa membantu meluluskan,” tegasnya. 

Sumber: menpan.go.id
Loading...
loading...

0 Response to " Wow! Jumlah Pendaftar Sekolah Ikatan Dinas Mencapai 284.697 Orang "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.