loading...

Cara Mengatasi Serangan Malware Ransomware WannaCry

loading...
Minggu ini dunia internet dihebohkan oleh kemunculan malware Ransomware WannaCry.  Malware ini menjadi momok yang menakutkan bagi pengguna windows diseluruh dunia.

Beberapa negara telah melaporkan serangan malware ini, tidak pandang bulu komputer windows yang digunakan oleh rumah sakit, perusahaan, pemerintah, maupun individu pu menjadi target. 

Ransomware WannaCry mengunci dokumen di komputer pengguna dan meminta sejumlah uang tebusan jika datanya ingan selamat.

Di indonesia, dua rumah sakit baru-baru ini juga menjadi korban keganasan malware ini. Kominfo pun tak tinggal diam dan langsung memberikan peringat pada netizen indonesia agar berhat-hati dari serangan malware ini.

blogs-images.forbes
Berapa antisipasi sederhana melawan Ransomware WannaCry. anjuran dari kominfo RI:
  • Sebelum menghidupkan komputer/server, terlebih dahulu matikan hotspot/Wi-fi dan cabut koneksi kabel LAN/internet
  • Setelahnya, segera pindahkan data ke sistem operasi non-Windows seperti Linux atau Mac) dan atau menyimpan cadangan data maupun menyalinnya ke media penyimpanan terpisah. Pengelola Teknologi Informasi di setiap lembaga dapat melakukan tindak lanjut teknis lainnya yaitu:
  1. Melakukan pembaruan keamanan pada Windows dengan meng-install Patch MS17-010 yang dikeluarkan Microsoft. Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini. Pembaruan sebaiknya dilakukan dengan cara mengambil file patch dengan mengunduh memakai komputer biasa, bukan komputer yang berperan penting.
  2. Lakukan pembaruan antivirus seperti Kapersky Total Security, Eset, Panda, dan Symantec yang bisa versi trial untuk 30 hari gratisnya bisa diunduh dan punya fitur penuh maupun bisa diperbarui. Pastikan antivirus itu memiliki daya antisipasi ransomware.
  3. Nonaktifkan fungsi Server Message Block dan jangan mengaktifkan fungsi macros
  4. Block Ports: 139/445 & 3389
Untuk keperlukan konsultansi, Kementerian Kominfo mempersilakan masyarakat yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi narahubung Aries K (Ditjen Aptika – 08567235183)dan Didien (ID-SIRTII/CC - 08119936071)
loading...
loading...

0 Response to " Cara Mengatasi Serangan Malware Ransomware WannaCry "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.