loading...

Guru SM-3T Siapkan 3000 Buku untuk Kurangi Angka Buta Huruf di Kayong Utara

loading...

KAYONG UTARA – Guna menekan angka butuh hurup di masyarakat Kayong Utara, khususnya di daerah terpencil, guru dari program Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM3T) yang ditempatkan di wilayah Kabupaten Kayong Utara berinisiatif untuk melakukan aksi galang 3000 buku, yang kemudian akan membuat taman baca di Jelutung Desa Matan Jaya Kecamatan Simpang Hilir.

Hal ini dikatakan oleh ketua koordinator SM3T Kayong Utara Yuka, kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan tempat khusus untuk membuka cakrawala keilmuan dan referensi buku yang sulit didapat oleh masyarakat yang tinggal dipedalaman

“Setelah kita survei disini masih banyak anak-anak yang sulit untuk membaca, menulis dan menghitung terutama yang kelas 4 dan 5,” ujar ketua koordinator SM3T Kayong Utara, Yuka.

Selain itu juga, dari hasil pengabdian mereka selama di Kabupaten termuda di Kalbar ini, dirasanya masih banyak masyarakat yang tinggal didaerah terpencil mengalami buta huruf sehingga dirasanya perlu untuk dibantu sebagai wujud tanggungjawab mereka dibidang pendidikan.

“Di daerah – daerah yang sulit dijangkau kondisi warganya masih ada yang belum bisa CALISTUNG seperti di daerah Jelutung ini, Sekolah yang ada disini minim sekali referensi buku, mengingat tempatnya cukup strategis makanya kami akan membuat taman baca disini,”dijelaskan lagi.

Untuk mencapai target 3 ribu buku tersebut lebih lanjut Yuka menyampaikan, mereka telah melakukan beberapa hal agar target ini dapat tercapai.

“Bukunya kita dapat dari rekan rekan SM3T disini yang diharuskan menyumbang 1 atau 2 buku, kemudian dari kawan – kawan SM3T didaerah lain juga sudah kita infokan,”terangnya
Selain itu, dikatakannya lagi, mereka juga telah melayangkan permohonan kepada instansi pemerintah dan swasta untuk mendapatkan bantuan buku

“Kita juga mengajukan ke perpustakaan nasional, perpustakaan daerah dan juga yayasan Gunung Palung juga kita minta sumbangan, karena info yang kami dapat disana juga ada buku buku tentang kelestarian alam dan lingkungan,”terangnya lagi.

Untuk itu dirinya berharap juga berharap kepada para masyarakat yang ingin menyumbangkan buku yang masih layak baca bisa mengirimkan bukunya lewat JNE Sukadana , atau bagi yang ingin berdonasi lewat uang bisa mengirimkan lewat Bank BNI di 1020519945 atas nama Hardini Rahmi atau BRI 126901005786507 atas nama Muhammad Rafiq, info lebih lanjut bisa menghubungi di nomornya di 082283163317 atas nama Yuka.

“Kalau untuk daerah Sukadana dan sekitarnya yang ingin menyumbangkan buku bisa kita jemput,” katanya.

Sumber: http://pontianak.tribunnews.com/2017/05/12/siapkan-3000-buku-untuk-kurangi-angka-buta-huruf-di-kayong-utara
loading...
loading...

0 Response to " Guru SM-3T Siapkan 3000 Buku untuk Kurangi Angka Buta Huruf di Kayong Utara "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.