loading...

hoaxanalyzer.com situs pendeteksi Berita HOAX atau FAKTA

loading...
Bangsa indonesia memang penuh dengan orang-orang hebat, tidak hanya berpretasi dalam negara saja namun tak kalah saing dengan negara-negara lainnya.

Ini contohnya anak indonesia yang berprestasi dibidang IT, mereka menamakan kelompoknya adalah Tim CIMOL. Baru-baru ini mereka menang di perlombaaan Asia Tenggara Microsoft Imagine Cup 2017. Hari ini (18/05/2017) mereka diundang dan muncul secara live dalam acara hitam putih di Trans7.

Adapun project yang mereka buat adalah aplikasi bernama Hoax Analyzer. Aplikasi ini dapat diakses langsung melalui browser anda dengan alamat http://hoaxanalyzer.com/

Bagaimana cara kerjanya?

Dikutip dari laman beritagar.id cara kerja aplikas Hoax Analyzer adalah memanfaatkan teknologi Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning untuk memproses teks input dan mengklasifikan apakah sebuah berita itu adalah fakta atau hoaks.

Model klasifikasi yang dilatih oleh algoritma Machine Learning digunakan oleh Web Service dari Hoax Analyzer untuk memproses input teks yang dimasukkan pengguna pada User Interface situs Hoax Analyzer.

Kemudian, jika Anda masuk dalam laman tersebut, pada bagian kiri layar akan tampak kesimpulan dari hasil analisis mesin yang berupa persentase apakah kabar yang kita cari itu sebuah hoaks atau bukan. Hasil pencarian juga bisa berupa ketidaktahuan atau unknown.

Berikut contoh penggunaan aplikasinya:
  • Buka laman http://hoaxanalyzer.com
  • klik tombol OK, Coba HOAX Analiyzer!
  • kemudian masukan berita hoax yang ingin anda cek kebenarnnya.
  • contoh: 
WARNING...!!! Jangan simpan HP dibawah jok motor Anda. Berbahaya bisa meledak ini terjadi kemarin di depan Bakso Purwosari. Saat telepon berdering tiba-tiba spd motor meledak untuk tidak ada korban. Di sekitar bawah jok ada aki dan tangki bensin.

  • Berikut hasilnya:
  • hasil pencarian menyebutkan berita tersebut 83.17% mengatakan HOAX
Selamat mencoba, Semoga bermanfaat!
Loading...
loading...

0 Response to " hoaxanalyzer.com situs pendeteksi Berita HOAX atau FAKTA "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.