loading...

Inilah 12 Program Guru Pelosok yang Wajib Diikuti Anak Muda

loading...
Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional kita peringati hari ini. Meski demikian, mutu pendidikan di Indonesia masih perlu banyak pembenahan di sana sini. Mulai dari mutu tenaga pengajar, harga pendidikan yang tak terjangkau, kacaunya Ujian Nasional, hingga kurikulum yang terus saja berganti tanpa kita tahu kapan berhentinya.

Meski demikian ada hal yang bisa kita lakukan sebagai kaum muda yang ingin ikut memajukan negara. Ya, menjadi guru di pedalaman adalah salah satu sumbangsih kita untuk mencerdaskan bangsa ini. Menjadi ujung tombak yang langsung terjun dan mengedukasi adik-adik kita di daerah pedalaman bisa jadi cara efektif. Kira-kira apa saja sih program guru pendalaman yang bisa kita ikuti?

1. Guru Garis Depan (GGD)


Guru Garis Depan adalah salah satu program pemerintah yang menerjunkan sejumlah guru ke daerah pelosok pedalaman. Nantinya, para kandidat guru ini akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil yang gajinya bisa mencapai 8 juta tiap bulannya. Untuk mengetahui syarat dan cara mendaftarnya kamu bisa membuka websitenya di www.gurugarisdepan.org

2. Indonesia Mengajar


Gerakan Indonesia Mengajar mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut terjun dan ambil bagian dalam perbaikan sistem pendidikan di Indonesia. Selain menjadi pengajar, kamu juga bisa bergabung menjadi relawan atau bahkan ikut gabung iuran. Kamu bisa mencari info lebih lanjut di Indonesiamengajar.org.


3. 1000 guru


Sesuai dengan tagline-nya: traveling & teaching , seribuguru.org mengajak anak muda berusia 17-35 tahun untuk ikut terjun dan mengajar langsung adik-adik kita dari Sabang-Merauke. Hingga November 2016, 1000 guru telah membantu kebutuhan 5000 anak sekolah pedalaman di 18 propinsi di Indonesia. Kamu juga ingin bergabung bersama mereka?

4. Komunitas Jendela


Komunitasjendela.org yang terbentuk di Yogyakarta pada 12 Maret 2011 ini berfokus pada pengadaan perpustakaan bagi adik-adik di daerah pedalaman. Tak hanya membangun perpustakaan, mereka juga ikut mengedukasi anak-anak di pelosok. Sekarang ini, komunitas Jendela sudah memiliki cabang di beberapa daerah seperti Bandung, Jakarta, Lampung, Bengkalis, Malang, Sumut, Jember, Bangka

5. Indonesia Menyala


Indonesia Menyala merupakan program dari Indonesia Mengajar yang berfokus pada pengadaan perpustakaan untuk anak-anak yang berada di pelosok. Sekarang, perpustakaan Indonesia menyala sudah berambah ke 140 Sekolah Dasar di pedalaman. Selain berfokus pada pengadaan perpustakaan tetap dan perpustakaan berputar, di komunitas ini kamu juga mendonasikan dana, ide, hingga tenaga demi mencerdaskan anak Indonesia.

6. Skholatanpabatas (STB)


Komunitas skholatanpabatas memberikan pengajaran tanpa batas kepada sesama. Tanpa memandang suku, strata sosial, agama, gender, hingga tempat tinggal. Program yang dimiliki oleh STB juga beragam, mulai dari English Weekend / English Day, Seminar, Jejaring Anak Indonesia, Skhola berbagi di panti asuhan.

7. Sure Indonesia


PT Sure Indonesia juga kerap membuka lowongan untuk guru mengajar di daerah pedalaman, salah satunya adalah Papua. Mereka mengadakan sekolah percontohan di sana dan merekrut tenaga pengajar dengan minimal pendidikan S1 di semua bidang ilmu.

8. Akademi Berbagi




Meski merupakan gerakan non profit, namun Akademi Berbagi berbagai layak dimasukkan ke list untukmu yang ingin mendedisakan diri ke pendidikan anak di pedalaman. Di sini kamu bisa membagikan ilmu serta wawasan sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang kamu punya. Uniknya lagi kelas yang diadakan akan berpindah-pindah sesuai kelas yang sudah disediakan oleh donatur ruangan.

Pengalaman mengajar di pedalaman tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi kemajuan pendidikan negara. Namun, kamu juga bakal mendapatkan pengalaman tak ternilai harganya. Jadi, sudah siap memajukan pendidikan Indonesia? [life.idntimes.com]

9. Lampung Mengajar


“Lampung Mengajar” adalah suatu kegiatan pengadaan para sarjana terbaik dari berbagai disiplin ilmu yang akan dididik dan dilatih terlebih dahulu secara intensif, sehingga dinilai layak untuk melaksanakan tugas profesi guru untuk kemudian diperbantukan sebagai Tenaga Pengajar pada pendidikan dasar di daerah terpencil/tertinggal atau daerah yang secara tofografis termasuk sulit dijangkau di Provinsi Lampung. Mereka ini selanjutnya disebut “Pengajar Muda” yang diharapkan mampu menebar inspirasi di tempat tugas.

10. Tanimbar Mengajar



Gerakan Tanimbar Mengajar (GTM) terinspirasi dari Gerakan Indonesia Mengajar yang mengirimkan Pengajar Muda ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) yang di rasa mempunyai dampak positif bagi kemajuan pendidikan MTB. Memasuki akhir penempatan pengajar muda Indonesia Mengajar di Maluku Tenggara Barat, Dinas Pendidikan menyadari perlu adanya Penggerak yang melanjutkan semua capaian-capaian kamajuan pendidikan di Maluku Tenggara Barat. Situs: http://tanimbarmengajar.org

11. Gajah Mada Mengajar


Gadjah Mada Mengajar adalah suatu lembaga sosial kampus (LSK) rintisan mahasiswa Universitas Gadjah Mada , sebuah komunitas gerakan yang bersifat non profit berbasis pengabdian masyarakat yang fokus pada peningkatan kualitas pendidikan bagi anak-anak yang membutuhkan. Situs: http://gadjahmadamengajar.blogspot.co.id

12. Guru Penggerak Daerah Terpencil (GDPT)



Pemerintah Kabupaten Puncak yang secara riil menghadapi masalah serius dalam membangun dan memajukan pendidikan di daerah secara mandiri menginisiasi program rekrutmen guru tingkat PAUD, SD, SMP hingga SMA yang dinamankan Program Rekrutmen Guru Perintis/Penggerak Daerah Terpencil Kabupaten Puncak 2015, “Sarjana Indonesia Mendidik Bangsa”. Program ini sudah kedua kalinya dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Puncak bekerjasama dengan Kelompok Kerja Papua dan Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama (PPKK) Fisipol Universitas Gadjah Mada. Pada tahun 2013 telah dilakukan program serupa dan berhasil memberangkatkan 33 guru dari berbagai bidang studi yang ditempatkan di tiga Distrik, yaitu Distrik Ilaga, Distrik Beoga dan distrik Sinak. Pada tahun 2015 ini Kabupaten Puncak menyelenggarakan kembali program ini yang bertujuan untuk merekrut guru-guru yang akan di tempatkan di 5 Distrik yang lain. Program ini dinamakan Program Guru Perintis/Guru Penggerak Daerah Terpencil karena para Guru yang akan direkrut dari berbagai wilayah Indonesia ini diharapkan bisa berperan sebagai tenaga penggerak daerah terpencil yang berjuang dan menggerakkan pendidikan masyarakat kabupaten Puncak sebagai salah satu wilayah terisolir di Indonesia. Para Guru Perintis/Guru Penggerak Daerah Terpencil diharapkan mampu menjalankan tugas-tugas pendidikan bukan hanya untuk anak-anak usia sekolah, namun juga bisa menjadi motivator dan fasilitator untuk meningkatkan semangat dan kemampuan kerja para guru setempat yang sudah lebih dulu mengabdikan dirinya di dunia pendidikan di wilayah kabupaten Puncak.

Dan banyak lagi Program Guru Pelosok yang Wajib Diikuti Anak Muda, kamu pilih yang mana?
loading...
loading...

0 Response to " Inilah 12 Program Guru Pelosok yang Wajib Diikuti Anak Muda "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.