loading...

Meriahkan Hardiknas, Guru-Guru di Sekolah Ini Main Balapan Pelepah Pinang

loading...

Sejumlah guru SMPN 1 satu atap Teluk Lanus, Kabupaten Siak diseret pakai pelepah pinang, Jum’at (5/5/17).

Permainan tersebut merupakan permainan budaya warga setempat, kegiatan itu dilaksakan dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di sekolah mereka.

Permainan para guru saling tarik, dan berlomba sampai ke finis dengan pelepah pinang, membuat geli para murid, gelak tawapun pecah saat pertandingan dimulai.

Tak jarang guru yang duduk dan diseret pakai pelepah pinang terjatuh. Hal itu membuat suasana semakin meriah. Para murid terus memberikan semangat kepada guru yang tertinggal dan terjatuh.

Kepala SMPN 1 Teluk Lanus, Sahril mengatakan, tradisi tarik upih (pinang) ini sudah berlangsung turun-temurun. Hingga sekarang terus dilestarikan sebagai permainan rakyat.


“Dalam perlombaan ini, kita diajarkan sportif, jujur dan memiliki tanggung jawab,” kata Sahril.

Ditambahkan, Sahril, permainan adu cepat pakai pelepah pinang ini merupakan tradisi dari orang-orang dulu. Mereka biasanya merupakan warga desa yang berada di pinggir hutan. Karena dengan mudah mereka akan mendapatkan pohon pohon pinang tersebut.

Permainan tarik upih ini selain untuk menghibur, juga untuk menumbuhkan kecintaan kepada permainan rakyat yang mulai ditinggalkan.

Murid berperan sebagai suporter untuk gurunya masing-masing dan masyarakat sebagai suporter untuk penghulunya. Dipilihnya lomba itu karena tak menggunakan biaya, aman dan waktu yang tidak terlalu lama.

“Pesan yang bisa diambil dari permainan tradisional ini adalah, mengajarkan pentingnya sebuah proses dan menyisipkan nilai-nilai kebaikan,” katanya.

Perlobaan pelepah pinang juga bisa melatih anak dalam bersosial, ketangkasan dan motorik anak.

Jadi, kata Sahril, meskipun zaman telah berubah, akan lebih baik jika anak-anak sekarang diperkenalkan kembali dengan permainan tradisional karena pada intinya baik permainan modern maupun permainan tradisional sama-sama menyenangkan dan memiliki manfaat.

Sumber: https://www.segmennews.com/2017/05/05/unik-para-guru-diseret-pakai-pelepah-pinang-di-teluk-lanus-siak/
loading...
loading...

0 Response to " Meriahkan Hardiknas, Guru-Guru di Sekolah Ini Main Balapan Pelepah Pinang "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.