loading...

SMAN 10 Solsel tak Punya Guru PNS

loading...

SMAN 10 Solok Selatan tak satupun memiliki guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Dari 20 guru yang ada di sekolah itu, 12 orang guru honorer dan 8 guru merupakan sarjana yang mengajar di daerah terluar, terdepan dan tertinggal (SM3T). 

Pelaksana Tugas Kepala SMAN 10 Solok Selatan, Khairuman menyebutkan, dengan kekurangan PNS tersebut sangat berdampak pada perkembangan sekolah nantinya. 

Katanya selain guru PNS, juga dibutuhkan pegawai berstatus PNS untuk bendahara sekolah, bendahara BOS, dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). 

“ Sementara, ketiga perangkat sekolah tersebut belum ada di sekolah kami. Hal ini, tentu akan sangat sulit bagi SMAN 10 Solsel melaksanakan KBM dan melanjutkan pembangunan sekolah karena terbentur oleh peraturan yang berlaku,” katanya. 

Diakuinya, sejatinya SMAN 10 Solsel memang masih tergolong sekolah yang baru terbentuk yakni baru aktif dua tahun ajaran.Bahkan bangunan sekolah sendiri baru selesai pada tahun ini. Sedangkan, dirinya sendiri merupakan guru di SMAN 6 Solsel yang diperbantukan sebagai Plt Kepala SMAN 10 Solsel. Katanya, kondisi ini sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Provinsi, baik secara lisan maupun tulisan, namun belum ada tanggapan. 

” Bangunan SMAN 10 Solsel pertama kali dipergunakan pada Juli 2016 dan sekarang baru ada kelas satu dan dua. Saat ini, sekolah memiliki 70 orang siswa yang dibagi jadi tiga lokal. Untuk kelas X sekarang ada dua lokal dan kelas XI satu lokal,” ujarnya. 

Terkait gaji guru honorer katanya, berasal dari sumbangan orang tua murid atau komite sekolah. Sedangkan untuk dana bos tahun ini, sudah dapat satu kali. Tetapi, yang bisa digunakan untuk mengaji guru honorer hanya 15 persen saja dari total dana. 

Anggota DPRD Sumbar Irwan Afriadi mengatakan, sekolah yang kekurangan guru sekarang sedang diverifikasi Pemprov Sumbar. “ Sekarang, masih masa transisi. Jadi, masih proses verifikasi dan kita terus mendorong agar bisa lebih cepat,” katanya. 

Dia menyebutkan kejadian kekurangan maupun tidak adanya guru berstatus ASN di sekolah baru, bukan hanya di SMAN 10 Solsel. 

Sumber: Padang Ekspres •2017-05-13

Sumber terkait: http://www.solselkab.go.id/post/read/1941/sman-10-solok-selatan-belum-miliki-guru-asn.html
loading...
loading...

0 Response to " SMAN 10 Solsel tak Punya Guru PNS "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.