loading...

Tunjangan Profesi Guru Molor

loading...

Jakarta - Rupanya, bukan hanya gaji guru honorer yang tersendat. Pencairan tunjangan profesi guru (TPG) untuk 1,2 juta guru juga terlambat. Khususnya guru pegawai negeri sipil daerah (PNSD). 

Usut punya usut, rupanya keterlambatan itu dipicu peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (permendikbud) tentang petunjuk teknis (juknis) pencairan TPG yang baru terbit April lalu. 

Menurut permendikbud itu, pembayaran TPG dirapel setiap tiga bulan (triwulan). Pembayaran TPG untuk triwulan pertama (TW I) atau periode Januari–Maret dibayarkan mulai Maret. Begitu pula untuk triwulan II (April–Juni) dibayarkan mulai Juni. Namun, yang terjadi saat ini, TPG untuk guru PNSD TW I belum kunjung cair. Padahal, saat ini menginjak Mei atau sudah dua bulan dari jadwal pencairan. 

Informasi dari Direktorat Dana Perimbangan Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu menyebutkan, uang TPG Triwulan I 2017 bagi guru PNSD sudah disalurkan dari rekening kas umum negara (RKUN) ke rekening kas umum daerah (RKUD) per 30 Maret lalu. 

Meski sudah berada di kas daerah, ternyata hingga saat ini uang TPG untuk guru PNSD belum bisa tersalurkan. Sebab, ada be­ berapa pertimbangan dalam pencairannya. Di antaranya, harus menunggu surat keputusan pencairan TPG yang diterbitkan Kemendikbud. Selain itu, harus menunggu petunjuk teknis (juknis) pencairan TPG untuk PNSD yang ternyata baru dikeluarkan Kemendikbud April lalu. Mendikbud Muhadjir Effendy tidak menampik terjadinya keterlambatan pembayaran TPG untuk guru PNSD. Dia tidak membeberkan kenapa perumusan permendikbud tersebut bisa sampai mengganggu jadwal pencairan TPG. Menteri kelahiran Madiun itu menjelaskan secara diplomatis. ’’Alangkah baiknya kalau kita mendidik diri sendiri untuk lebih banyak bersyukur,’’ ujarnya. 

Muhadjir menyarankan semua pihak lebih sering melihat ke bawah ketimbang lebih suka mendongak ke atas. ’’TPG memang terlambat. Tetapi, kan masih ada harapan untuk dapat,’’ jelasnya. Menurut dia, guru PNSD yang merasakan keterlambatan pencairan TPG diharapkan melihat kondisi rekan­rekan sejawatnya. Sebab, masih banyak guru PNSD maupun swasta yang sama sekali belum memperoleh TPG. 

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengakui bahwa TPG untuk guru PNSD belum cair. ’’Sudah sering terlambat seperti ini,’’ katanya. Dia berharap ke depan pencairan TPG bisa lebih tepat waktu.

Sumber: Jawa Pos · 6 May 2017
loading...
loading...

0 Response to " Tunjangan Profesi Guru Molor "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.