loading...

Kalimantan Utara Akan Buka Seleksi Penerimaan CPNS Bulan Oktober 2017

loading...
Loading...

Harapan Kalimantan Utara (Kaltara) untuk mendapat tambahan Aparatur Sipil Negara (ASN) akhirnya terpenuhi. Tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyetujui rekruitmen Calon ASN atau yang sebelumnya disebut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara.

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengungkapkan, tahapan seleksi penerimaan Calon ASN dijadwalkan bakal mulai dibuka pada Oktober tahun ini.“Kepastian ini, setelah sebelumnya kami melakukan audensi dengan Menpan-RB dan ditindaklanjuti pertemuan teknis oleh BKD (Badan Kepegawaian Daerah) dengan pihak Kemenpan-RB di Jakarta pada 7 Juli lalu,” kata Gubernur.

Gubernur mengatakan, dari laporan kepala BKD Kaltara, dalam pertemuan saat itu tengah membahas persiapan kualifikasi dan jenis jabatan yang akan diseleksi.“Alhamdulillah, Kaltara termasuk provinsi yang akan melaksanakan rekrutmen CPNS (Calon ASN, Red.) tahun ini bersama 2 provinsi yang lain. Yaitu Papua Barat dan Papua,” ujar Gubernur, Selasa (11/7).

Saat ini, imbuhnya, tengah dibahas mengenai proses seleksi, kepanitiaan, dan lainnya. “Untuk formasinya apa saja, masih menunggu kepastian dari Kemenpan-RB. Sekarang masih dalam tahap proses persiapan,” ulas Gubernur.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi dari BKD Kaltara, kebutuhan pegawai Pemprov Kaltara sampai saat ini mencapai 2.300 orang. Kebutuhan tersebut merupakan rangkuman kebutuhan sejak 2015.

Sebelumnya, pada 2014 Pemprov Kaltara, mendapatkan tambahan pegawai 291 hasil seleksi dari 300 kuota yang diberikan Pemerintah Pusat). Saat ini, lanjut Irianto, Pemprov Kaltara masih membutuhkan banyak tenaga tata kelola pemerintahan berbasis keuangan yang baik. Termasuk pula penguatan pelaksanaan urusan wajib dan urusan pilihan pemerintahan daerah, serta status daerah sebagai provinsi perbatasan. “Usulan kita saat ini sebanyak 2.300 yang dirinci dalam jabatan-jabatan fungsional,” jelas Gubernur.

Tahun lalu, Kemenpan-RB memberi kuota formasi kepada Pemprov Kaltara sebanyak 500 formasi. Namun pelaksanaan seleksi urung dilaksanakan lantaran masih ditahan oleh Kemenpan-RB. “Alhamdulillah melalui upaya kita dengan melakukan komunikasi ke pusat, baik secara langsung menyampaikan ke Presiden maupun dengan Menpan-RB, akhirnya disetujui. Insya Allah tahun ini akan ada 500 formasi. Tapi secara pastinya nanti menunggu keputusan resminya dari Kemenpan,” tegas Irianto. Informasi terakhir diperoleh, surat resmi Kemenpan-RB akan turun pada 19 Juli ini.

Mengenai kesiapannya, Gubernur memastikan Pemprov Kaltara sudah cukup siap menggelar seleksi penerimaan Calon ASN, baik dari segi penjadwalan maupun kesiapan teknologi informasi. Pada intinya kita siap baik dari pendanaan maupun peralatan. Di laboratorium CAT (Computer Assisted Test), oleh BKD sudah menambah perangkat komputer dari 40 menjadi hampir 100 unit,” tutupnya.

Sumber: https://www.kaltaraprov.go.id/newsview/2437/seleksi.penerimaan.cpns.dibuka.oktober.2017.html
loading...
Loading...

0 Response to " Kalimantan Utara Akan Buka Seleksi Penerimaan CPNS Bulan Oktober 2017 "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.