loading...

Cara Tracking Satelit Telkom 3S

loading...
Satelit Telkom 3S
Telkom 3S adalah satelit komunikasi geostasioner milik Telkom Indonesia. Satelit ini ditempatkan pada posisi di atas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran yang memiliki sumbu rotasi sama dengan bumi.

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan geografis yang unik, terdiri dari ribuan pulau dan pegunungan yang sulit dijangkau oleh sistem komunikasi terrestrial maupun serat optik. Karenanya, sistem komunikasi satelit merupakan solusi tepat yang mampu menjangkau area terluar, terdepan, dan terpencil. Dengan kata lain, sistem komunikasi satelit merupakan satu- satunya pemersatu wilayah nusantara.

Satelit Telkom 3S menjangkau seluruh wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur. Satelit Telkom 3S didesain untuk dapat melayani siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), layanan komunikasi seluler, serta broadband internet.

Telkom 3S diperkirakan akan diluncurkan pada 15 Februari 2017 pukul 04.39 WIB menggunakan roket Ariane 5 ECA VA235 milik perusahaan peluncur satelit Arianespace Europe. Peluncuran dilaksanakan di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Perancis.

Cara Tracking Satelit Telkom 3S?

tracking menggunakan parabola dengan 2LNB.

  • Posisi parabola awalnya memang sudah terpointing untuk Satelit Palapa dan Telkom 1
  • Dari posisi parabola tersebut (Palapa-Telkom),turunkan atau miringkan dish/parabola ke arah timur sedikit saja kurang lebih 1 CM - 1.3 CM dari tiang penyangga kemiringan parabola.
  • sehingga menjadi 
  1. TELKOM 3S = 118°
  2. PALAPA D = 113°
Contoh gambar:

Foto: Satelitmania

Foto: maniaksatelit

Foto: isatelit
Selamat mencoba!
loading...
loading...

0 Response to " Cara Tracking Satelit Telkom 3S "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.