loading...

Macam-Macam Jaringan Meristem

loading...
Loading...
Berdasarkan asalnya, jaringan meristem dapat dibedakan menjadi dua :
  • Meristem primer, yakni meristem yang sel-selnya merupakan perkembangan langsung dari sel-sel embrionik, sehingga merupakan lanjutan dari pertumbuhan embrio, misalnya kuncup ujung akar dan ujung batang. Meristem yang terdapat di ujung akar dan ujung batang sering disebut meristem apikal. Aktivitas meristem ini akan mengakibatkan batang dan akar tumbuh panjang. Pertumbuhan ini disebut pertumbuhan primer. 
Jenis jaringan meristem menurut letaknya

  • Meristem sekunder, yakni meristem yang berdasarkan dari jaringan dewasayang telah mengadakan diferensiasi, misalnya kambium dan ambium gabus yang terjadi dari parenkim atau jaringan dasar dan kolenkim. Aktivitas meristem sekunder ajan menghasilkan jaringan sekunder. Kambium pada akar dan batang tumbuhan dikotil terdapat didalam berkas pembuluh angkut atau vasis, yaitu diantara pembuluh kayu atau xilem dan pembuluh kulit kayu atau floem. Kambium yang terdapat dalam pembuluh angkut disebut kambium vaskuler. Disamping itu, ada pula kambium yang terdapat diantara dua berkas pembuluh pengangkut, disebut kambium intervaskuler. Kambium akan menghasilkan jaringan pengangkut, sedangkan kambium gabus akan menghasilkan gabus. Pertumbuhan yang diakibatkan oleh aktivitas meristem sekunder disebut pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan ini akan menyebabkan tubuh tumbuhan bertambah besar.
Jenis jaringan menurut akarnya

Jenis jaringan meristem berdasarkan letaknya, yaitu:

1. Meristem apikal

Merupakan jaringan yang terdapat pada ujung akar dan ujung batang yang berfungsi untuk membentuk tunas apikal dan tunas apikal akan membentuk jaringan baru seperti akar, cabang dan daun.

2. Meristem interkalar

Jaringan yang terletak diantara jaringan permanen yang berfungsi untuk menghasilkan bunga. Contohnya adalah meristem pada pangkal ruas tumbuhan golongan rumput-rumputan.

3. Meristem lateral

Jaringan yang berperan dalam pertumbuhan sekunder, seperti pembesaran akar dan batang. Jaringan ini terletak pada kambium pembuluh dan kambium gabus.
loading...
Loading...

0 Response to " Macam-Macam Jaringan Meristem "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.