loading...

Jaringan Epitel Pipih

loading...
Berdasarkan bentuk struktur selnya, jaringan epitel dibedakan menjadi lima macam yaitu epitel pipih, epitel kubus, epitel silindris, epitel transisional dan epitel kelenjar

1. Epitel pipih

Epitel pipih memiliki bentuk yang tipis seperti lembaran. Apabila dilihat dari samping, akan melebar pada bagian tengah (inti selnya). Hal ini dikarenakan tinggi sel lebih rendah dari pada lebarnya. Jaringan epitel pipih terbagi atas 2 yaitu:

  • Epitel pipih selapis; Sel-sel epitel ini pipih dan tipis, berisi sedikit sitoplasma yang membungkus inti di bagian tengah. Jaringan epitel pipih selapis berperan dalam proses fi ltrasi, sekresi, dan difusi osmosis.Terdapat pada alveoli lapisan dalam pembuluh darah, pembuluh limfe, dan merupakan dinding pembuluh kapiler.
  • Epitel Pipih Berlapis; Seperti epitel pipih selapis, sel jaringan epitel pipih berlapis (kompleks) tersusun sangat rapat. Rongga mulut, esofagus, laring, vagina, saluran anus, dan rongga hidung banyak tersusun oleh jaringan ini. Fungsinya adalah sebagai pelindung dan penghasil mukus.
Loading...
loading...

0 Response to " Jaringan Epitel Pipih "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.