Jaringan Epitel Silindris/Batang


Jaringan epitel tersusun dari sel-sel berbentuk heksagonal memanjang. Selnya tampak tinggi dengan inti berderet pada ketinggian yang saman Namun inti selnya lebih dekat dengan permukaan basal. Jaringan silindris berdasarkan lapisannya terbagi 2 yaitu:

a. Epitel silindris selapis;
Epitel ini terdiri atas selapis sel berbentuk panjang dan sempit. Jaringan ini melapisi seluruh saluran pencernaan yang diselingi oleh sel goblet yang menghasilkan mukus (lendir) untuk melindungi lambung dari asam lambung. Jaringan ini berfungsi dalam proses sekresi, penyerapan (absorpsi), penghasil mukus, dan pelicin/pelumas permukaan saluran. terdapat pada uterus (pada wanita), duktus eferen (pada pria), saluran pencernaan (lambung sampai usus halus).

b. Epitel Silindris Berlapis; Seperti namanya, jaringan ini tersusun banyak lapisan sel yang berbentuk batang. Jaringan epitel batang berlapis banyak terdapat pada beberapa organ tubuh seperti bagian mata yang berwarna putih, faring, laring, dan uretra. Fungsinya yaitu sebagai tempat sekresi yakni penghasil mukus, dan ekskresi, misalnya kelenjar ludah dan kelenjar susu. juga terdapat pada saluran pernapasan yang selalu lembab oleh lender mulai dari laring, trakea dan faring.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama