Loading...

Jaringan parenkim

   

Jaringan parenkim sering disebut jaringan dasar karena terbentuk dari meristem dasar. Parenkim terdiri dari kelompok sel hidup yang bentuk, ukuran, maupun fungsi fisiologisnya sering berbeda- beda. Namun demikian, sel- selnya tidak terlalu banyak mengalami spesialisasi. Walaupun telah dewasa, sel-sel parenkimmasih mampu melakukan pembelahan. 

Hal ini penting untuk melakukan regenerasi ataupun perbaikan bagian tubuh yang rusak. Kemampuan tersebut dimungkinkan dimiliki oleh sel parenkim karen a protoplasmanya sangat komplek. Bahkan ada beberapa sel parenkim yang berdiferensiasi untuk melakukan fungsi fotosintesis. 

Selain membentuk jaringan dasar, sel-sel parenkim sering bergabung dengan jaringan lain membentuk jaringan komplek. Jaringan parenkim dijumpai terutama pada kulit batang, kulit akar, daging daun, daging buah, dan endosperm.bentuk sel parenkim bermacam-macam, ada yang membulat, memanjang seling bertonjolan, dan ada yang menyerupai bintang. Jaringan parenkim dewasa tersusun rapat. Namun demikian, umumnya menyerupai ruang antarsel yang tersusun teratur dengan sistem tertentu.

Ada sel-sel parenkim yang memiliki klorofil. Sel ini disebut klorenkim. Adanya klorofil memungkinkan sel-sel klorenkim mampu melaksanakan fotosintesis. Sel-sel klorenkim banyak ditemukan pada daun, korteks batang, dan kadang kala di empelur. Sel parenkim juga berfungsi untuk menyimpan air, mensintesis, dan menyimpan zat makanan cadangan. Bahan makanan cadangan umumnya berupa larutan dalam vakuola. Selo parenkim yang berfungsi untuk menyimpan air umumnya sel yang aktif, membesar, dan berdinding tipis, banyak bervakuola kecil penuh air atau lendir, selaput plasma selnya tipis menempel didinding sel.
   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Jaringan parenkim "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani