Loading...

Kabar Gembira! Pemerintah Akan Buka 250.000 Lowongan CPNS di Tahun 2018

   

Masyarakat tak perlu khawatir jika belum lolos seleksi rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Sebab, pemerintah telah menyiapkan rekrutmen kembali untuk tahun depan yang dipastikan dapat menampung lebih banyak formasi.

Hingga 2019, sebanyak 250.000 aparatur sipil negara (ASN) akan memasuki masa pensiun. Di antaranya, sebanyak 38.000 dari instansi pusat, sementara sisanya adalah milik pemerintah daerah (pemda).

Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pada tahun depan pembukaan CPNS akan difokuskan untuk mengisi formasi pemda. "Yang pensiun itu kurang lebih 250.000 dari pusat dan daerah. Nanti porsi (formasi)-nya lebih kecil, (pemerintah) pusat," ujar Setiawan usai press gathering di Sentul, Bogor, Rabu (13/12).

Dia menyampaikan, Kemen-PANRB telah mengusulkan jumlah pembukaan CPNS 2018 ke Kementerian Keuangan. Rekrutmen CPNS nantinya tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun. Namun, hal itu juga situasional dengan kebutuhan masing-masing instansi.

"Kalau memang kebutuhan kita mendesak, barangkali seperti itu (sama dengan pensiunan) bentuknya. Angka maksimalnya kurang lebih seperti itu," tegasnya.

Setiawan menyebut jenis jabatan untuk formasi baru CPNS akan sangat bervariasi. Dari jabatan pelaksana memiliki sekitar 2.600 jenis, sedangkan jabatan fungsional ada 158 jenis jabatan. Meski begitu, bidang pendidikan, kesehatan, dan teknis menjadi prioritas utama mereka.

"Dilihat dari instansi masing-masing pemerintahnya. Prioritas masih tetap pendidikan, kesehatan, terus kemudian jabatan teknis yang betul-betul mendukung Nawa Cita tentu saja, infrastruktur kita butuh," tuturnya.

Sumber: https://www.jawapos.com/read/2017/12/14/174705/pemerintah-bakal-buka-rekrutmen-250000-cpns-tahun-depan
   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Kabar Gembira! Pemerintah Akan Buka 250.000 Lowongan CPNS di Tahun 2018 "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani