loading...

Kamu Harus Tahu! Lima Profesi yang Wajib Disuntik Vaksin Difteri, Salah Satunya Guru!

loading...

Banyak profesi seseorang yang mudah tertular dengan penyakit difteri. Salah satunya yakni guru, yang mengharuskan mereka untuk mendapatkan vaksin Td.

Vaksin Td jenis vaksin untuk mencegah penyakit difteri yang diklaim ampuh. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga harus mendapatkannya untuk memutus wabah penyakit.

Pemerintah mengingatkan kepada masyarakat supaya mau melakukan vaksin difteri secara mandiri di klinik, puskesmas dan rumah sakit. Harganya relatif terjangkau, yakni kisaran Rp100 ribu.

Namun, sifatnya wajib vaksin bagi lima profesi pekerjaan yang rentan tertular. Berikut rangkumannya yang ditulis Okezone, Rabu (3/1/2018).
  • Guru
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI dr Jane Elizabeth Soepardi, MPH, DSc mengatakan, profesi guru paling rentan terlular difteri. Mereka berhadapan dengan siswanya yang mungkin menjadi seorang penderita difteri tanpa disadari.

"Guru-guru di daerah dengan cakupan Outbreak Response Immunization perlu diimunisasi. Percuma kalau muridnya saja mencegah, tapi gurunya tidak. Karena orang dewasa bisa menularkan difteri kapan saja," ujarnya saat dihubungi Okezone.
  • Tenaga kesehatan
Semua tenaga kesehatan, terutama yang menangani pasien dalam wabah difteri juga wajib disuntik vaksin Td. Mereka tidak boleh tertular dan menularkan kepada orang lain. Cara pencegahan selain vaksin, saat berhadapan dengan pasein mereka harus pakai masker dan rajin cuci tangan dengan sabun.
  • TNI/Polri
Anggota TNI/Polri juga berkaitan erat dengan masyarakat. Dalam pekerjaannya mereka sering bertemu dengan orang lain. Belum lagi kalau mereka harus bertugas di lingkungan yang kumuh dan rawan menularkan penyakit. Karenanya, mereka wajib mendapatkan vaksin Td secara mandiri, daripada harus menanggung beban penyakit berat.
  • Buruh pabrik
Ditambahkan dr Jane, buruh pabrik juga harus melakukan vaksin Td secara mandiri. Di lingkungan pekerjaan yang identik pengap sangat mudah menularkan penyakit.

"Orang-orang yang bekerja di pabrik berhadapan dengan banyak orang, meski maish satu lingkungan dnegan teman-temannya. Tapi mereka juga butuh vaksin Td secara mandiri dan wajib," imbuhnya.
  • Wartawan
Seorang wartawan bertugas untuk melaporkan berita wabah difteri, bahkan harus langsung berkunjung ke rumah sakit untuk memastikan kebenaran informasi. Mereka tergolong orang yang mudah terlular difteri tanpa disadari. Karenanya, para awak media juga wajib mendapatkan vaksin Td untuk memutus penularan wabah difteri yang kini marak di Tanah Air.

Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/01/03/481/1839391/5-profesi-yang-wajib-disuntik-vaksin-difteri-salah-satunya-guru
Loading...
loading...

0 Response to " Kamu Harus Tahu! Lima Profesi yang Wajib Disuntik Vaksin Difteri, Salah Satunya Guru! "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.