Loading...

Struktur Tubuh Jamur

   
Struktur tubuh jamur tergantung pada jenisnya. Ada jamur yang satu sel (uniseluler), misalnya khamir (Saccharomyces), ada pula jamur yang terdiri atas banyak sel (multiseluler) yang berukuran mikroskopik dan makroskopik yang membentuk tubuh buah besar yang ukurannya mencapai satu meter, contohnya jamur kayu. Tubuh jamur tersusun dari komponen dasar yang disebut hifa. Hifa membentuk jaringan yang disebut miselium. Miselium menyusun jalinan-jalinan semu menjadi tubuh buah.


Hifa adalah struktur menyerupai benang yang tersusun dari dinding berbentuk pipa. Dinding ini menyelubungi membran plasma dan sitoplasma hifa. Sitoplasmanya mengandung organel eukariotik. 



Kebanyakan hifa dibatasi oleh dinding melintang atau septa (tunggal : septum). Septa (sekat) mempunyai pori besar yang cukup untuk dilewati ribosom, mitokondria, dan kadangkala inti sel yang mengalir dari sel ke sel. Akan tetapi, adapula hifa yang tidak bersepta atau hifa senositik. Struktur hifa senositik dihasilkan oleh pembelahan inti sel berkali-kali yang tidak diikuti dengan pembelahan sitoplasma. 

Hifa pada jamur yang bersifat parasit biasanya mengalami modifikasi menjadi haustoria (tunggal : haustorium) yang merupakan organ penyerap makanan dari substrat; haustoria dapat menembus jaringan substrat.




 


   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Struktur Tubuh Jamur "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani