Pembahasan Soal Simulasi II UNBK Biologi SMA (Soal No 37) Tahun 2017/2018

Soal:

Penglihatan malam bukanlah sesuatu yang manusia bisa miliki, seperti kucing, anjing, dan beberapa hewan lain. Di permukaan mata hewan tersebut terdapat membran yang disebut “tapetum lucidum”. Kemampuan melihat kita terbatas pada ketersediaan cahaya. Peneliti dari grup ilmuwan dan peretas biologi Science for Masses California menemukan tetes mata ajaib yang membuat kita bisa melihat dalam gelap.

Mereka menggunakan senyawa Ce6 yang berasal dari ikan laut digabung dengan Saline, Insulin, dan dimetilsulfooksida (DMSO) lalu ditargetkan ke retina. Saat diujicobakan efeknya cukup sukses karena bisa melihat objek tangan yang berada sejauh 10 meter dan bisa mendeteksi posisi seseorang yang berdiri di area rimbun sejauh 50 meter pada suasana gelap.

Dari artikel ini, tetes mata ajaib yang mengandung senyawa Ce6 yang digunakan memengaruhi mata dengan cara ….

A. mengaktifkan sel kerucut pada kondisi gelap
B. meningkatkan fotosensitivitas sel batang pada retina
C. membentuk membran seperti pada mata kucing
D. menambahkan kemampuan retina menangkap warna
E. meningkatkan intensitas cahaya untuk fotoreseptor

Jawaban:

B. meningkatkan fotosensitivitas sel batang pada retina

Pembahasan:



Ce6 atau Chlorine e6 adalah senyawa yang dapat meningkatkan kepekaan cahaya.

Sekarang kita perhatikan pernyataan pada artikel di atas. Dalam artikel tersebut terdapat pernyataan bahwa tetes mata ajaib ditargetkan pada retina.

Retina mempunyai dua jenis sel yang berperan menerima cahaya yang masuk, yaitu sel kerucut dan sel batang. Sel kerucut bertindak sebagai reseptor warna sedangkan sel batang bertindak sebagai reseptor cahaya.

Dengan demikian, untuk meningkatkan kemampuan melihat di dalam, peran sel batang harus ditingkatkan.

Jadi, tetes mata ajaib yang mengandung senyawa Ce6 yang digunakan memengaruhi mata dengan cara meningkatkan fotosensitivitas sel batang pada retina.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama