Loading...
Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Bulan Penuh Berkah dan Ampunan. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriah/2018M. Salam "Pak Pandani"

Pembahasan Soal Simulasi II UNBK Biologi SMA (Soal No 38) Tahun 2017/2018 (Paket Soal 3)

   
Soal:

Amati grafik siklus menstruasi berikut!



Berdasarkan grafik, proses yang terjadi pada hari ke 14 adalah....
A. Mestruasi
B. pembentukan endometrium
C. pecahnya folikel de graff
D. peluruhan endometrium
E. terbentuknya korpus luteum

Jawaban:

B. pembentukan endometrium

Pembahasan:


3 masa utama menstruasi yaitu:
  1. Masa menstruasi yang berlangsung selama 2-8 hari. Pada saat itu endometrium (selaput rahim) dilepaskan sehingga timbul perdarahan dan hormon-hormon ovarium berada dalam kadar paling rendah
  2. Masa proliferasi dari berhenti darah menstruasi sampai hari ke-14. Setelah menstruasi berakhir, dimulailah fase proliferasi dimana terjadi pertumbuhan dari desidua fungsionalis untuk mempersiapkan rahim untuk perlekatan janin. Pada fase ini endometrium tumbuh kembali. Antara hari ke-12 sampai 14 dapat terjadi pelepasan sel telur dari indung telur (disebut ovulasi)
  3. Masa sekresi. Masa sekresi adalah masa sesudah terjadinya ovulasi. Hormon progesteron dikeluarkan dan mempengaruhi pertumbuhan endometrium untuk membuat kondisi rahim siap untuk implantasi (perlekatan janin ke rahim)

Baca Kumpulan Pembahasan Soal-Soal Simulasi II UNBK Biologi SMA Tahun 2017/2018 (Paket 3)

   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Pembahasan Soal Simulasi II UNBK Biologi SMA (Soal No 38) Tahun 2017/2018 (Paket Soal 3) "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani