Loading...
Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Bulan Penuh Berkah dan Ampunan. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriah/2018M. Salam "Pak Pandani"

Wajib Baca! Informasi Penting seputar Seleksi CPNS 2018

   

JAKARTA - Pelaksanaan tes seleksi CPNS 2018 bakal dilakukan pada Mei mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim, Siswo Heroetoto mengaku mendapat informasi bahwa rekrutmen CPNS dilakukan Mei.

Dimana Pemprov Jatim menjadi salah satu provinsi yang menyelenggarakan rekrutmen itu.

“Karena serentak, masyarakat tidak mendaftar di banyak tempat. Contohnya, warga Surabaya hanya bisa mendaftar rekrutmen CPNS di Pemprov Jatim atau Pemkot Surabaya. Tidak bisa mendaftar di dua tempat atau lebih,” ujar Siswo, Minggu (25/2).

Tentunya ini menjadi berbeda dengan rekrutmen CPNS tahun-tahun sebelumnya. Sebelum ada moratorium, para peserta tes bisa mendaftar di Malang, Surabaya dan Pemprov Jatim.

Ini karena pelaksanaan tes yang tidak bersamaan. Pendaftar bisa memasukkan form ke lain kabupaten/kota.

“Nomor peserta CPNS nanti akan berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Peserta untuk calon di Malang tak bisa mendaftar lagi di Pemkot Surabaya atau Pemprov Jatim,” jelasnya.

Sementara mengenai ujiannya, Siswo menyebutkan bahwa pada tes nanti tetap menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Dengan begitu peserta langsung bisa melihat nilai yang dicapainya. Kalau belum mencapai batas bawah nilai, bisa langsung mengetahui lolos atau tidaknya.

Begitu juga dengan tes wawancara, pemprov berencana menggunakan kecanggihan IT (informasi teknologi).

Caranya, peserta hanya yang lolos tes wawancara nanti akan menjawab menggunakan komputer atau perangkat IT yang telah disiapkan.

Sehingga pada sesi tes wawancara ini, peserta rekrutmen tidak ketemu orang, tapi ketemu mesin.

“Ini sudah dipakai oleh Kementerian Hukum dan HAM. Kami ingin mengadopsinya. Makanya dalam waktu dekat ini kami akan belajar bagaimana program tes wawancara menggunakan IT ini,” ungkapnya.

Pelaksanaan tes wawancara menggunakan teknologi ini, diharapkan bisa semakin memberikan keterbukaan serta transparansi dalam rekrutmen. Sebab, ketika tes tidak lagi orang ketemu orang, melainkan sudah menghadapi sistem.

Untuk kuota yang dibuka untuk Pemprov Jatim diperkirakan jumlah menyamai pegawai yang pensiun mencapai 1.900 orang. Sehingga kuota yang bakal dibuka sebanyak 1.900 lowongan.

Jumlah ini tentu sangat banyak dibanding rekrutmen-rekrutmen sebelumnya, yang hanya dikisaran 500 kuota.

“Kami sudah diberi tahu bahwa kuota CPNS tahun ini akan didasarkan pada jumlah PNS yang pensiun hingga Oktober. Tahun ini ada 2.200 PNS Pemprov Jatim yang pensiun hingga akhir tahun 2018. Namun kalau dihitung hingga Oktober, Pemprov Jatim akan memensiunkan 1.900 PNS. Posisi mereka harus digantikan,” pungkasnya.

Sumber: https://www.jpnn.com/news/informasi-penting-seputar-seleksi-cpns-2018
   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Wajib Baca! Informasi Penting seputar Seleksi CPNS 2018 "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani