Yang benar S. Pd., Gr atau Gr, S. Pd ???


Salah satu kebanggaan bagi peserta SM-3T yang telah menyelesaikan Pendidikan Profesi Guru (PPG) akan mendapatkan sebuah gelar baru ".Gr"

Hal ini sesuai dengan ketetangan yang tertera dalam sertifikat pendidik yang diperoleh. ".....dinayatakan sebagai GURU PROFESIONAL Bidang Studi ........., dan kepadanya dierikan sebutan Guru (Gr) beserta hak dan wewenang yang melekat pada sebutan tersebut.

Dan diperkuat pula dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG) pada pasal 14 yang berbunyi:

Pasal 14
Sebutan profesional lulusan program PPG adalah guru yang penggunaan dalam bentuk singkatan Gr ditempatkan dibelakang nama yang berhak atas sebutan profesional yang bersangkutan.

Menanggapi gelar tersebut, banyak lulusan dari PPG SM-3T langsung menggunakan title.Gr tersebut untuk ditempelkan di belakang nama mereka.

Tapi muncul sebuah permasalah dan tanda tanya baru?  Dibelakang nama yang dimaksud apakah Persis di belakang nama atau dibelakang gelar yang sudah dimiliki.

Contoh, Apakah Ahmad Budi, S.Pd.,Gr  atau  Ahmad Budi, Gr. S.Pd ???




Sekarang mari kita analisis penulisan gelar tersebut!

Bagi yang menggunakan penulisan Ahmad Budi, Gr. S.Pd

Referensi:
  1. Mereka mempunyai telah bahwa bentuk singkatan Gr ditempatkan dibelakang nama artinya penulisannya memang tertera secara langsung dibelakang nama.
  2. Guru Profesional Diganjar Gelar Gr [JPNN]
  • Nama dan gelar sebelumnya: Ahmad Budi
  • Gelar tambahan: Gr
  • Nama + Gelar sekerang = Ahmad Budi, Gr. S.Pd

Bagi yang menggunakan penulisan Ahmad Budi, S.Pd.,Gr

Referensi:
  1. Pendidikan Profesi guru merupakan pendidikan profesi juga akan menambah gelar Gr di belakang nama guru tersebut. karena menurut undang-undang, guru adalah profesi, sama seperti dokter. [Wikipedia]
  2. Sebutan profesional lulusan program PPG adalah guru yang penggunaan dalam bentuk singkatan Gr ditempatkan dibelakang nama [Pasal 14 Permendikbud Nomor 87 Tahun 2013].
  3. Penulisan Gelar Profesi [Wikipedia]
  4. Lulusan SM3T Dapat Gelar Profesional [ROL]
  5. Penulisan Gelar dan penyebutan profesi sesuai aturan yg berlaku (Kemendiknas) [NOMOR 036/U/1993 TENTANG GELAR DAN SEBUTAN LULUSAN PERGURUAN TINGGI]
  6. Penulisan Gelar Akademik [*]
Berdasarkan telaah dari beberapa referensi diatas, Penulisan Gelar Profesi Guru atau Gr. Disamakan dengan dengan tata cara penulisan gelar profesi dibelakang nama, seperti:
  • Fahrurozi, S.Si., Apt
  • Annisaa Miranty Nurendra, S.Psi., Psi.
  • Harso Adjie Broto, S.E., Ak.
  • Ishak Majid, S.Ft.,Physio.
  • Wahyudi Septianto, S.Kom., B.K.P
  • Dian Adriansyah, S.Pd.,Kons


Jadi sekarang Anda pilih yang mana?

Gr, S.Pd atau S.Pd.,Gr ???


Salam Pak Pandani!

14 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

  1. Karena gelar Gr baru lahir sebaiknya diletakkan di belakang S.Pd

    BalasHapus
  2. Berdasarkan kepanjanganx. Mestinya pas di blkg nama. Jadi contoh : Anas, Gr. S.Pd. ini memberikan arti anas adalah guru profesional lulusan sarjana pendidikan. Kan beda lg klo S.Pd.I. ataukah gelar yg dahulu spt Drs. Tp alangkah baikx ditinjau ulang. Penempatan Gr baikx didepan nama spt Dokter.

    BalasHapus
  3. Berdasarkan kepanjanganx. Mestinya pas di blkg nama. Jadi contoh : Anas, Gr. S.Pd. ini memberikan arti anas adalah guru profesional lulusan sarjana pendidikan. Kan beda lg klo S.Pd.I. ataukah gelar yg dahulu spt Drs. Tp alangkah baikx ditinjau ulang. Penempatan Gr baikx didepan nama spt Dokter.

    BalasHapus
  4. Yang harus dijadikan perhatian itu penggunaan titik yang Pak Pandani kadang dilupakan, mungkin rekan-rekan yang lain juga kadang lupa. Singkatan itu harus dibubuhi titil
    di belakangnya, seperti S.Pd. karena Pd. itu kepanjangan dari Pendidikan, sama dengan Gr. harus pakai titik karena kepankangan dari Guru Profesional. Itu sederhana dan kesannya tidak terlalu utama, tapi penting. Itu pelajaran kelas 3 SD. Entah nanti yang dipakai misal Ranjani, S.Pd., Gr. atau Ranjani, S.Pd.Gr. atau Ranjani, Gr., S.Pd. atau Gr. Ranjani, S.Pd., yang penting penggunaan tanda bacanya harus benar.

    BalasHapus
  5. kalo S.Si.Gr. ada gak ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ada, kalau kita lulus PPG, apapun S1 nya tetap berhak dapet gelar Gr

      Hapus
  6. Kalau menurut saya Arul S.Pd., Gr. maknanya Arul adalah sarjana pendidikan yang sudah menjadi guru profesional :)

    BalasHapus
  7. Kalau yang Gr, nya gak boleh di bubuhkan di SK oleh BKN apa pendapat saudara2??

    BalasHapus
  8. Klo mahasiswa prajab yg blm mengajar sebaiknya (Gr.,S.Pd) tapi klo mahasiswa daljab yg sdh mengajar sebaiknya (S.Pd.,Gr)

    BalasHapus
  9. Klo misalkan Ahmad Ikbal, S.H., M.Pd.
    Peletakan Gr nya dimana dibuat????

    BalasHapus
  10. Gr, S.Pd sesuai permendikbud no 87 pasal 14 tahun 2013

    BalasHapus
  11. Kalau sebelumnya sudah dapat gelar S.Pd.I.,Gr namun setelah itu yg bersangkutan berhasil menyelesaikan program magister, bagaimana penulisan/penempatan Gr, apakah tetap berada di belakang gelar akademik ? S.Pd.I.,M.Pd.,Gr atau S.Pd.I.,Gr.,M.Pd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadinya pakai yg mn pak, sy jg gitu

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama