loading...

Struktur Sel Makhluk Hidup

loading...
Loading...
Pertama kali istilah sel digunakan untuk menggambarkan ruang-ruang kecil yang diamati dari sayatan gabus oleh Robert Hooke (Gambar 3.9). Temuan-temuan ahli lain memberikan gambaran sel yang lebih lengkap karena semakin canggihnya alat yang digunakan untuk mengamati struktur sel. Mikroskop elektron, salah satu mikroskop yang mampu memberikan gambaran lebih jelas tentang struktur sel yang tidak hanya terdiri atas ruangan yang dibatasi oleh dinding atau membran. Berbagai jenis organel serta partikel-partikel berukuran besar mengisi ruangan sel. Beberapa organel yang diamati langsung diamati dengan mikroskop biasa diantaranya kloroplas dan inti sel.

Sel-sel dapat berhubungan satu sama lain membentuk struktur yang baru dan lebih besar dengan fungsi yang sama, kumpulan sel ini disebut sebagai jaringan. Semakin besar makhluk hidup semakin kompleks kebutuhan aktivitas hidupnya sehingga perlu membentuk organ, sistem organ dan sistem individu yang mampu melakukan proses kehidupan yang lebih kompleks. Dalam organisme yang ukurannya besar, sel memiliki tujuan utama sebagai pengorganisasi. Keragaman sel tampak dari tipe sel dan tujuan yang berbeda. Dengan membagi masing-masing tugas pada setiap kelompok sel yang berbeda akan memudahkan organisme untuk tetap hidup dan tumbuh.

Organel-organel dalam sel berdasarkan fungsinya dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu, pertama sebagai pengontrol (inti atau nucleus), kedua sebagai pusat penyusunan (assembling), pengangkutan (transport), dan penyimpanan (storage). Terakhir adalah sebagai tempat pengubahan energi diantaranya adalah mitokondria, dan kloroplas. 

Secara struktural sel terdiri atas membran, sitoplasma dan organel yang tersebar di dalam protoplasma. Dengan menggunakan mikroskop biasa ketiga bagian utama sel ini bisa diamati dan dibedakan dengan jelas. Gambar berikut menunjukkan struktur utama sel yang diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya.

*Guru Pembelajar
loading...
Loading...

0 Response to " Struktur Sel Makhluk Hidup "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.