loading...

Guru SM-3T Berbagi Pendidikan di Tasilo

loading...
Loading...
Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab terhadap dunia pendidikan di daerah Rote Ndao puluhan Guru Garis Depan yang merupakan alumni dari program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3 T) berbagi kepedulian, dengan melaksanakan Kegiatan “Mengedukasi Anak Negeri dan SM-3T Peduli” di SD Inpres Tasilo, Desa Tasilo Kecamatan Rote Barat Laut, Kab. Rote Ndao pada Jumad (4/11) sampai Sabtu (5/11/2016).

Koordinator kegiatan, Metty CH. Tulle mengatakan kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk terus memupuk tanggung jawab dan kepedulian dari para alumni program SM-3T.

Lanjutnya, dalam menyampaikan kegiatan tersebut diawali dengan seminar singkat “melihat, mendengar dan bercerita tentang sumber daya alam Desa Tasilo” yang disampaikan oleh Andrew Penna dari Komunitas Peduli Pesisir. 

Seminar dilakukan dengan harapan masyarakat dan anak sekolah tetap melestarikan sumber daya alam daerah Desa Tasilo khususnya menjaga kelestarian mangrove yang ada, setelah itu dilanjutkan dengan nonton bersama film pendidikan “Di Timur Matahari” yang menginspirasi tentang pentingnya pendidikan bagi anak usia sekolah. “pada keesokan harinya, diawali dengan senam pagi bersama semua siswa dan guru dilanjutkan dengan kelas inpirasi, dimana anak-anak dimotivasi dan diberikan kiat-kiat menggapai cita-cita dengan berbagai games-games yang juga menginspirasi,” jelas Metty. 



Metty mengatakan pihaknya juga akan membantu pihak sekolah mencari solusi untuk bangunan ruang kelas yang masih dipakai sebagai ruang belajar kelas 1 dan 2 agar bisa diperbaiki dan menjadi layak untuk digunakan.

Kegiatan ditutup dengan pembagian bantuan kepada semua siswa-siswi dengan harapan mereka termotivasi untuk terus belajar menggapai cita-cita. 

Kepala Sekolah SD. Inpres Tasilo, Henci Ndolu mengatakan dirinya bersyukur walau di pesisir mereka masih bisa dikunjungi oleh para guru alumni SM-3T yang peduli.Dirinya berharap dengan kedatangan dan kebersamaan dapat meningkatkan semangat belajar siswa siswi dihari-hari yang akan datang. 


Salah seorang siswa, Demsi Adu, siswa kelas 5 mengatakan dirinya senang sekali bisa mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan oleh guru-guru SM-3T. “katong sonde mau pulang, biar ni hari katong belajar sampe malam asal deng kaka-kaka sa” ujar Demsi Adu. Sementara itu, Guru Garis Depan (GGD) Kabupaten Rote Ndao, Syamsul Hadi mengatakan kegiatan tersebut bagus dan memberi warna baru di Tasilo. Anak – anak terlihat antusias dan semangat dalam setiap kegiatan. Dirinya berharap kiranya kegiatan ini menjadi kegiatan rutin para alumni SM-3T. 

Pantauan, kegiatan ini di dukung oleh Komunitas Dusun Sastra Flobamora, Komunitas Teater Perempuan Bahasa, Komunitas Pemerhati Pendidikan dan Komunitas Peduli Pesisir dan diikuti oleh para guru SM-3T dari Kupang dan Rote, komunitas Peduli Pesisir dan pemerhati pendidikan. 

*rn01/mv/roteonline
loading...
Loading...

0 Response to " Guru SM-3T Berbagi Pendidikan di Tasilo "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.