Kemdikbud: Kembalikan Lagi Tugas Piket Kebersihan Sekolah

loading...
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemendikbud, Hamid Muhammad, mengimbau sekolah-sekolah untuk menerapkan praktik baik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolahnya.

“Anak-anak harus diajari menjaga lingkungan sekolah yang sehat,” ujarnya, Selasa (15/11).

Salah satu caranya, Hamid meminta sekolah kembali mengaktifkan kembali tugas piket kebersihan, termasuk piket membersihkan toilet sekolah.

Sekolah juga diimbau untuk menyediakan tempat mencuci tangan bagi siswa yang lokasinya berada di luar toilet, dan mudah diakses siswa.

Menurutnya, siswa harus diajarkan untuk sadar kebersihan dan kesehatan, dimulai dari hal kecil, misalnya mencuci tangan dengan baik dan benar.

Penyediaan akses air bersih dan aman, dan fasilitas jamban atau toilet yang layak serta pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah merupakan bagian dari hak anak yang harus dipenuhi oleh semua pihak.

Selain itu, anak-anak juga berpotensi menjadi agen perubahan di lingkungannya, apabila di sekolah dibiasakan hidup bersih dan sehat.

“Kalau ini bisa dilatih dan dibiasakan di sekolah, maka akan punya dampak terhadap anak-anak, dan akhirnya berdampak terhadap masyarakat,” tutur Hamid.


Hamid mengatakan, sekolah-sekolah di beberapa daerah sudah memiliki unit kesehatan sekolah (UKS) yang berjalan dengan baik.

Dia berharap, sekolah-sekolah tersebut bisa menyebarkan praktik baik UKS maupun lainnya dalam menjaga kebersihan sekolah kepada sekolah-sekolah lain di daerahnya.‎ 

*esy/jpnn
loading...

0 Response to " Kemdikbud: Kembalikan Lagi Tugas Piket Kebersihan Sekolah "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.