loading...

Pengertian Membran Sel

loading...
Loading...
Membran adalah pembatas sel dengan lingkungan luarnya dan dengan sel terdekat. Membran sel bersifat selektif permeable terhadap ion-ion dan molekul organik dan mengontrol gerakan material dari dan menuju sel. Membran sel memiliki peran sebagai jangkar sitoskeleton untuk memberi bentuk pada sel dan tempat menempelnya matriks ektraseluler dan sel lain ketika sel-sel berkelompok membentuk jaringan.

Sebagai pembatas antara sel dengan lingkungannya, fungsi utama membran diantaranya:

1. Membentuk ruang-ruang yang khusus melalui selektif permeabel
2. Menghasilkan distribusi protein yang asimetris
3. Mengenal sel-sel yang ada disekitarnya
4. Bagian dimana molekul-molekul reseptor menempel sebagai sel yang berfungsi sebagai sinyal
5. Mengontrol dan meregulas urutan reaksi-reaksi kimia

Bahan utama dari membran sel adalah protein dan lipid atau lemak. Membran protein dan lipid tersusun secara khusus, keduanya bertanggung jawab terhadap isi sel dengan cara menyeleksi, membiarkan masuk atau menahan supaya tidak masuk ke dalam sel.

Pertama kali yang mengemukakan model membran adalah Hugh Davson dan James Danielli pada tahun 1935 yang terkenal dengan model sandwich (sandwich model membrane). Sebelum Davson dan Danielli mengusulkan model ini sebelumnya Gorter dan Grendel pada tahun 1925 telah mengusulkan model fosfolipid bilayer. Model Davson-Danielle menjelaskan bahwa lapisan bilayer fosfolipid berada pada dua lapisan protein globular sehingga mirip dengan sandwich.

Model yang diajukan oleh Davson-Danielle diilustrasikan oleh Singer (1992), dimana model ini menggambarkan lapisan bilayer fosfolipid dilapisi oleh lapisan molekul protein baik pada baik luar maupun bagian dalamnya (Gambar 3.13). Tampak lapisan fosfolipid bilayar dilapisi oleh molekul protein pada bagian luar dan bagian dalamnya sehingga model ini mengingatkan kita pada makanan yang terbuat dari roti dimana didalamnya ada bahan sayuran dan makanan lainnya – sandwich.



Model ini lama diterima oleh para ahli sampai SJ Singer dan Garth Nicolson pada tahun1972 mengusulkan model baru yang bisa dibuktikan secara experimen. Model Singer dan Nicolson menggambarkan sistem fosfolipid bilayer dimana di dalamnya tersebar molekul protein dan kolesterol sehingga membentuk seperti mosaik.


Menurut  model mosaik fluida SJ Singer dan Garth Nicolson 1972, membran sel atau membran biologis dapat dianggap sebagai cairan dua dimensi di mana semua molekul lipid dan protein bisa berdifusi atau menyebar dengan  mudah. Molekul lipid yang membentuk membran adalah fosfolipid bilayer. Secara lengkap model membran fluida mosaik digambarkan pada gambar 3.15.


*Guru Pembelajar
loading...
Loading...

0 Response to " Pengertian Membran Sel "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.