Loading...
Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Bulan Penuh Berkah dan Ampunan. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriah/2018M. Salam "Pak Pandani"

Tumbuhan paku memiliki daun muda yang menggulung yang disebut....

   

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X (Penerbit Erlangga) Halaman 299:

Soal:

11. Tumbuhan paku memiliki daun muda yang menggulung yang disebut....
A. mikrosporofil
B. tropofil
C. makrosporofil
D. sporofil
E. circinate
Jawaban:


Pembahasan:

Divisi Filicophyta (paku sejati)

Filicophyta (paku sejati) merupakan kelompok pteridophyta yang sering ditemukan di berbagai habitat, terutama di tempat yang lembap. Filicophyta hidup di tanah, di air, atau epifit di pohon. Filicophyta yang hidup di hutan hujan tropis sangat beraneka ragam jenisnya, namun Filicophyta juga ditemukan di daerah beriklim sedang (subtropis). 

Daun yang masih muda menggulung (circinate)

Sporofit Filicophyta memiliki akar, batang, dan daun. Ukuran batang bervariasi; ada yang kecil dan ada pula yang besar seperti pohon. Ada batang yang berada di bawah permukaan tanah (rizom) dan ada yang tumbuh di atas permukaan tanah. Daun Filicophyta berukuran lebih besar dibanding kelompok pteridophyta lainnya. Pada umumnya daun berbentuk lembaran, berukuran besar (makrofil), dan majemuk (terbagi menjadi beberapa lembaran), dengan tulang daun bercabang-cabang. Daun yang masih muda menggulung (circinate). Filicophyta memiliki sporofil (daun yang menghasilkan spora) dan tropofil (daun untuk fotosintesis dan tidak mengandung spora). Pada sporofil terdapat sporangium yang terkumpul di dalam sorus di bawah permukaan daun. Pada Filicophyta yang hidup di air, sporangium terkumpul di dalam sporokarp. 
   
   
Loading...
loading...

0 Response to " Tumbuhan paku memiliki daun muda yang menggulung yang disebut.... "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani