Loading...
Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Bulan Penuh Berkah dan Ampunan. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriah/2018M. Salam "Pak Pandani"

Berikut ini yang bukan merupakan spermatophyta yang hidup parasit adalah.... A. Viscum sp. B. Cuscuta sp. C. Amorphophallus sp. D. Macrosolen sp. E. Rafflesia sp.

   

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X (Penerbit Erlangga) Halaman 300:

Soal:

17. Berikut ini yang bukan merupakan spermatophyta yang hidup parasit adalah....
A. Viscum sp.
B. Cuscuta sp.
C. Amorphophallus sp.
D. Macrosolen sp.
E. Rafflesia sp.

Jawaban:

C. Amorphophallus sp.

Pembahasan:


A. Viscum sp. (Merupakan tumbuhan parasit yang tubuh diberbagai jenis pohon) 


B. Cuscuta sp. (Merupakan tumbuhan parasit yang dalam bahasa indonesia dikenal dengan nama tali putri, yang menjadi inang dari tali putri antara lain; bawang, bit gula, kentang, dan beberapa jenis tanaman hias)


C. Amorphophallus sp. (dalam bahgasa indonesia dikenal dengan istilah kibut, Amorphophallus adalah nama marga tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae). Bunga dan tumbuhan vegetatifnya (daun) tumbuh bergantian. Bunganya pada waktu-waktu tertentu mengeluarkan bau bangkai yang keras, sehingga umum dinamai sebagai bunga bangkai. kebanyakan didapati tumbuh di hutan-hutan hujan dataran rendah, hutan musim, termasuk pula di hutan-hutan yang terganggu, hutan sekunder dan lahan-lahan pertanian. Jarang didapati di tanah kapur, bunga bangkai kadang-kadang ditemukan tumbuh di lapangan-lapangan yang terbengkalai.

D. Macrosolen sp. (Merupakan tumbuhan parasit) 

E. Rafflesia sp. (Rafflesia adalah genus tumbuhan bunga parasit. Ia ditemukan di hutan hujan Indonesia oleh seorang pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold tahun 1818, dan dinamai berdasarkan nama Thomas Stamford Raffles, pemimpin ekspedisi itu. Ia terdiri atas kira-kira 27 spesies (termasuk empat yang belum sepenuhnya diketahui cirinya seperti yang dikenali oleh Meijer 1997),

   
   
Loading...
loading...

0 Response to " Berikut ini yang bukan merupakan spermatophyta yang hidup parasit adalah.... A. Viscum sp. B. Cuscuta sp. C. Amorphophallus sp. D. Macrosolen sp. E. Rafflesia sp. "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani