loading...

Ditemukan suatu jenis tumbuhan paku dengan ciri-ciri: batang berbentuk seperti kawat, daun seperti rambut atau sisik, memiliki strobilus yang mengandung sporangia pada ujung cabang-cabang batang. Tumbuhan paku tersebut digolongkan....

loading...

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X (Penerbit Erlangga) Halaman 299:

Soal:

12. Ditemukan suatu jenis tumbuhan paku dengan ciri-ciri: batang berbentuk seperti kawat, daun seperti rambut atau sisik, memiliki strobilus yang mengandung sporangia pada ujung cabang-cabang batang. Tumbuhan paku tersebut digolongkan....
A. Lycopsida
B. Psilopsida
C. Sphenophyta
D. Equisetophyta
E. Pteropsida
Jawaban:

A. Lycopsida

Pembahasan:

Divisi Lycophyta (Paku Kawat)

Lycophyta (paku kawat atau paku rambut) disebut juga club moss (lumut gada) atau ground pine (pinus tanah), tetapi sebenarnya bukan termasuk kedalam lumut atau pinus. Lycophyta banyak tumbuh di hutan-hutan daerah tropis, tumbuh di tanah atau epifit di kulit pohon, tetapi tidak bersifat parasit.

Bagian tubuh Lycophyta yang mudah dilihat merupakan fase sporofitnya (2n). sporofit tersusun dari sel-sel yang mengandung klorofil dan memiliki daun berbentuk seperti rambut atau sisik yang tersusun rapat pada batang. Batang berbentuk seperti kawat. Pada ujung cabang-cabang batang terdapat sporofil dengan struktur berbentuk gada (strobilus) yang mengandung sporangium.
Loading...
loading...

0 Response to " Ditemukan suatu jenis tumbuhan paku dengan ciri-ciri: batang berbentuk seperti kawat, daun seperti rambut atau sisik, memiliki strobilus yang mengandung sporangia pada ujung cabang-cabang batang. Tumbuhan paku tersebut digolongkan.... "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.