Loading...

Guru PNS Bergaji Besar Sebaiknya Dipindah ke Daerah 3T

   

Jakarta - Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji menyoroti langkah pemerintah untuk merekrut 9.000 guru garis depan (GGD) yang akan ditempatkan di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T).

Menurut dia, ketimbang merekrut guru baru, lebih baik memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada.

Indra menyarankan, guru PNS di kota-kota besar seperti DKI Jakarta yang take home pay-nya ada yang mencapai Rp 31 juta per bulan, agar dimutasikan ke wilayah 3T. Ini agar gaji yang diterima sebanding dengan kinerjanya.

"Logikanya, gaji tinggi linear dengan kinerjanya. Kalau tidak mau dimutasi ke daerah 3T jangan jadi guru PNS," ujar Indra di Jakarta, Selasa (20/2).

Dia menyebutkan, jumlah guru di Indonesia sudah cukup. Tidak perlu lagi menambah guru baru. Dengan menambah guru baru justru membuat tenaga pendidik lebih santai.

"Ingat, profesi guru bukan untuk menampung tenaga kerja dan menyerap anggaran. Menjadi guru adalah panggilan jiwa bukan karena orientasi gaji," tegasnya.

Dia menambahkan, setiap tahun pemerintah mengeluarkan Rp 100 triliun lebih untuk membayar gaji guru PNS. Namun, mutu pendidikan di Indonesia tetap di bawah.

"Gaji guru sudah tinggi, tapi mutu pendidikan tetap rendah. Kan enggak matching ini makanya guru PNS harus diberdayakan. Jangan maunya enak-enak saja tapi giliran disuruh mengabdi ke daerah perdesaan malah ogah," cetusnya. 

Sumber: https://www.jpnn.com/news/guru-pns-bergaji-besar-sebaiknya-dipindah-ke-daerah-3t
   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Guru PNS Bergaji Besar Sebaiknya Dipindah ke Daerah 3T "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani