Pernyataan yang benar tentang Gymnospermae adalah....


Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X (Penerbit Erlangga) Halaman 300:

Soal:

19.Pernyataan yang benar tentang Gymnospermae adalah....
A. Megasprofil terkumpul dalam bentuk strobilus
B. Bunga sebagai alat reproduksi
C. Bakal biji tumbuh didalam dauh buah
D. Penyerbukan dibantu oleh serangga
E. Terjadi pembuahan ganda yang menghasilkan zigot dan endosperma

Jawaban:

A. Megasprofil terkumpul dalam bentuk strobilus

Pembahasan:

Gymnospermae memiliki ciri utama berupa bakal biji yang tumbuh pada permukaan megasporofil (daun buah). Karena biji tidak berada di dalam buah, Gymnospermae disebut tumbuhan berbiji terbuka. Tumbuhan ini memiliki habitus semak, perdu atau pohon. Akarnya merupakan akar tunggang, batang tumbuh tegak lurus dan bercabang-cabang.

Gymnospermae tidak memiliki bunga yang sesungguhnya, sporofil terpisah-pisah atau membentuk strobilus betina. Umumnya berkelamin tungggal, kadang-kadang berkelamin dua. Strobilus mengandung dua daun buah dengan bakal biji yang tampak menempel padanya. Megasporangium dan mikrosporangium terpisah satu sama lainnya. Penyerbukan hampir selalu dengan cara anemogami (bantuan angin). Serbuk sari langsung jatuh pada bakal biji, dan jarak waktu penyerbukan sampai pebuahan relatif panjang. Sel kelamin jantan umumnya berupa spermatozoid yang masih bergerak aktif.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama