Alat eksresi pada cacing tanah adalah....

Biologi Kelas X Erlangga

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X (Penerbit Erlangga) 
Halaman 390-399:

Soal:

Alat eksresi pada cacing tanah adalah....
A. Sel Api
B. Nefridia
C. Ginjal
D. Klitelum
E. Kelenjer Hijau

Jawaban:

B. Nefridia

Pembahasan: 



Cacing tanah termasuk dalam kelompok annelida. Cacing tanah mengunakan nefridia  sebagai alat ekskresinya.

Nefridium (jamak nefridia) merupakan organ invertebrata yang berpasangan dan melakukan fungsi yang mirip dengan ginjal vertebrata. Nefridia mengeluarkan limbah metabolisme dari tubuh hewan. Mereka yang hadir dalam banyak kelompok invertebrata yang berbeda. Ada dua tipe dasar, metanefridia dan protonefridia, tetapi ada jenis lain.

Satu nefridia terdiri atas beberapa bagian meliputi :
  1. Nefrostoma, berupa corong bersilia yang berugas untuk menyerap air beserta zat sisa maupun zat yang masih dibutuhkan dari rongga tubuh cacing tanah dari segmen tubuh depannya.
  2. Tubulus atau tubula nefridia, berupa pipa panjang yang dipenuhi oleh kapiler darah yang berfungsi sebagai tempat reabsorbsi zat yang masih berguna.
  3. Kantung kemih, berupa pipa dengan ukuran yang lebih besar dari tubulusnya yang kemudian berfungsi untuk menampung urin sebelum dikeluarkan dari tubuh.
  4. Nefridiofor, berupa lubang sebagai tempat untuk pengeluaran urin ke lingkungan.
Proses ekskresi pada cacing tanah dimulai dari masuknya air beserta zat sisa serta zat yang masih berguna karena dihisap oleh nefrostoma, kemudian air tersebut dialirkanke tubulus nefridia di segmen tubuh belakangnya.

Pada tubulus nefridia ini terjadi reabsorbsi zat yang masih berguna bagi tubuh dan zat yang masih berguna tersebut akan dikembalikan ke kapiler darah.

Sedangkan zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan mengalir sampai ke kandung kemih untuk dikumpulkan sementara waktu.

Setelah kandung kemih penuh dengan urin, maka urin akan dibuang ke lingkungan lewat lubang nefridiofor. [brainly]


*Baca buku halaman 337

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama