Loading...
Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Bulan Penuh Berkah dan Ampunan. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriah/2018M. Salam "Pak Pandani"

Berikut ini yang bukan merupakan cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan keanekaragaman hayati adalah....

   

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X (Penerbit Erlangga) Halaman 217-221:

Soal:

Berikut ini bukan merupakan cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan keanekaragaman hayati adalah....
A. rekayasa genetika
B. perkawinan silang
C. domestika
D. sistem monokultur
E. pemuliaan tanaman

Jawaban:

A. rekayasa genetika

Pembahasan:

Pelestarikan keanekaragaman hayati adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh manusia untuk menjaga keanekaragaman hayati yang ada supaya jumlahnya tidak berkurang ataupun punah.
  • Rekayasa genetika, juga disebut modifikasi genetika, adalah manipulasi langsung gen suatu organisme menggunakan bioteknologi. Dengan melakukan rekayasa genetika maka keankeragaman hayati yang ada akan hilang karena terjadi modifiksi pada genetik mahluk hidup dan bisa juga menyebakan mahluk hidup tersbut menjadi steril dan tidak memiliki generasi lagi.
  • Persilangan (bahasa inggris: hybridization atau crossing) dalam biologi adalah perkawinan antar individu ataupun populasi yang berbeda secara genetik untuk menghasilkan gabungan sifat dari tetua ataupun rekombinasi gen-gen pada keturunannya.
  • Domestikasi merupakan pengadopsian tumbuhan dan hewan dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan sehari-hari manusia. Dalam arti yang sederhana, domestikasi merupakan proses "penjinakan" yang dilakukan terhadap hewan liar. Perbedaannya, apabila penjinakan lebih pada individu, domestikasi melibatkan populasi, seperti seleksi, pemuliaan (perbaikan keturunan), serta perubahan perilaku/sifat dari organisme yang menjadi objeknya.
  • Sistem Monokultur adalah salah satu cara budidaya di lahan pertanian dengan menanam satu jenis tanaman pada satu areal. Cara budidaya ini meluas praktiknya sejak paruh kedua abad ke-20 di dunia serta menjadi penciri pertanian intensif dan pertanian industrial.
  • Pemuliaan tanaman adalah kegiatan mengubah susunan genetik individu maupun populasi tanaman untuk suatu tujuan. Pemuliaan tanaman kadang-kadang disamakan dengan penangkaran tanaman, kegiatan memelihara tanaman untuk memperbanyak dan menjaga kemurnian; pada kenyataannya, kegiatan penangkaran adalah sebagian dari pemuliaan. Selain melakukan penangkaran, pemuliaan berusaha memperbaiki mutu genetik sehingga diperoleh tanaman yang lebih bermanfaat.

   
   
Loading...
loading...

0 Response to " Berikut ini yang bukan merupakan cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan keanekaragaman hayati adalah.... "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani