Loading...

Jelaskan 6 tahapan pada teknik kultur jaringan.

   

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI (Penerbit Erlangga) Halaman 82-87:

Soal Uraian:

Jelaskan 6 tahapan pada teknik kultur jaringan.


Jawaban:
  1. Sterilisasi. Sterilisasi adalah suatu kegiatan pembersihan mikro-organisme pada alat-alat atau media kultur jaringan di tempat yang steril. 
  2. Media. Media merupakan faktor penentu dalam perbanyakan dengan kultur jaringan. Komposisi media yang digunakan tergantung dengan jenis tanaman yang akan diperbanyak. Media yang di gunakan biasanya terdiri dari garam mineral, vitamin, dan hormone serta suplemen pelengkap seperti gula, dan lain sebagainya. Zat pengatur tumbuh (hormon) yang akan dicampur juga bermacam - macam, baik itu dari segi jenis maupun jumlahnya. Semuanya tergantung dari tujuan dilakukannya kultur jaringan.
  3. Intisiasi. Intisiasi merupakan pengambilan eksplan dari bagian tanaman yang akan dikulturkan. Bagian tanaman yang sering digunakan untuk kegiatan kultur jaringan adalah tunas.
  4. Multiplikasi. Multiplikasi adalah suatu proses menanam eksplan (jaringan tanaman yang paling cocok) pada suatu media untuk menggandakan calon tanaman.
  5. Pengakaran. Pengakaran adalah fase dimana eksplan (jaringan tanaman yang paling cocok) akan menunjukan adanya pertumbuhan akar yang menandai bahwa proses kultur jaringan yang dilakukan mulai berjalan dengan baik.
  6. Aklimatisasi. Aklimatisasi merupakan suatu metode untuk memindahkan eksplan (jaringan tanaman yang paling cocok) ke bedeng dari suatu ruangan aseptic yang dilakukan dengan cermat serta penuh ketahi - hatian dan juga secara bertahap yang dimulai dengan memberikan sungkup. Sungkup mempunyai fungsi untuk melindungi bibit dari hama, udara luar. Hal ini disebakan oleh karena bibit hasil kultur jaringan sangat rentan dari serangan hama penyakit dan udara sekitar. 
   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Jelaskan 6 tahapan pada teknik kultur jaringan. "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani