Loading...

Jelaskan perbedaan cara hidup bakteri saproba, parasit, dan bakteri yang bersimbiosis mutualisme. Berikan dua contohnya masing-masing.

Loading...
   

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X (Penerbit Erlangga) Halaman 217-221:

Soal Uraian:

Jelaskan perbedaan cara hidup bakteri saproba, parasit, dan bakteri yang bersimbiosis mutualisme. Berikan dua contohnya masing-masing.


Jawaban:

Bakteri saproba
adalah bakteri yang memperoleh makanan dengan cara menguraikan organisme yang sudah mati atau bahan organik lainnya. Bakteri saproba merupakan organisme pengurai (dekomposer) bangkai, tumbuhan yang sudah mati, dan sampah. Contoh: Escherichia coli dan  Clostridium botulinum.

Bakteri parasit adalah bakteri yang mendapatkan makanan dari tubuh organisme lain yang ditumpanginya. Bakteri parasit pada umumnya bersifat patogen (menimbulkan penyakit) bagi tubuh inang. Contoh: Mycobacterium tuberculosis dan Mycobacterium avium.

Bakteri Simbiosis mutualisme adalah bakteri yang mendapatkan makanan dari organisme lainnya, tetapi mampu memberikan keuntungan bagi oganisme pasangan simbiosisnya. Contoh: Escherichia coli dengan manusia. Kemudian Rhizobium leguminosarum dengan akar tanaman kacang-kacangan.

   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Jelaskan perbedaan cara hidup bakteri saproba, parasit, dan bakteri yang bersimbiosis mutualisme. Berikan dua contohnya masing-masing. "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani