Loading...
Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Bulan Penuh Berkah dan Ampunan. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriah/2018M. Salam "Pak Pandani"

Salah satu langkah dalam metode ilmiah adalah menyusun hipotesis. a. Apa yang dimaksud dengan hipotesis?

   

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X (Penerbit Erlangga) Halaman 217-221:

Soal Uraian:

Salah satu langkah dalam metode ilmiah adalah menyusun hipotesis.
a. Apa yang dimaksud dengan hipotesis?
b. Apakah perbedaan hipotesis nol (hipotesis statistik) dengan hipotesis kerja (hipotesis alternatif)?
c. Bagaimanakah cara membuktikan kebenaran hipotesis?


Jawaban:

a. Hipotesis adalah merupakan jawaban sementara terhadap suatu masalah. Hipostesis disusun berdasarkan landasan teori atau kerangka berfikir yang sudah disusun.

b. Hipotesis nol (H0) adalah dugaan sementara yang menyatakan bahwa tidak ada penaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.

Contoh:   Sebagian orang percaya jika seorang ibu hamil mengonsumsi makanan berwarna kuning (tomat, pepaya, wortel, kunyit) akan melahirkan anak berkulit kuning langsat. Apakah hal tersebut benar?


Sedangkan hipostesis kerja (H1) adalah gugaan sementara yang menyatakan bahwa ada pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.

Contoh: Sebuah pohon  mangga memiliki beberapa cabang. Salah satu cabang menghasilkan buah yang sangat banyak, sedangkan cabang lainnya hanya menghasilkan buah sedikit. Kulit batang dari cabang yang menghasilkan banyak buah ternyata memiliki luka akibat dipasang tali ayunan anak-anak.

   
   
Loading...
loading...

0 Response to " Salah satu langkah dalam metode ilmiah adalah menyusun hipotesis. a. Apa yang dimaksud dengan hipotesis? "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani