Loading...

Seorang ibu mengalami beberapa gejala penyakit, diantaranya mudah haus, mudah lelah, dan mudah mengantuk. Untuk memastikan penyakit yang dideritanya, ibu tersebut melakukan pemeriksaan. Berdasarkan hasil pemeriksaan diperoleh hasil bahwa terjadi kerusakan pada pankreas sehingga jumlah insulin yang diproduksi rendah dan kadar gula darah 400 mmHg. Berdasarkan hasil pemeriksaan dapat diketahui bahwa ibu tersebut menderita ....

   
Pembahasan Soal UN Biologi SMA Tahun 2018

Soal Nomor 20:

Seorang ibu mengalami beberapa gejala penyakit, diantaranya mudah haus, mudah lelah, dan mudah mengantuk. Untuk memastikan penyakit yang dideritanya, ibu tersebut melakukan pemeriksaan. Berdasarkan hasil pemeriksaan diperoleh hasil bahwa terjadi kerusakan pada pankreas sehingga jumlah insulin yang diproduksi rendah dan kadar gula darah 400 mmHg.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dapat diketahui bahwa ibu tersebut menderita ....
A. leukimia
B. anemia
C. diabetes inspiditus
D. diabetes mellitus
E. morbus basedow

Jawaban:

D. diabetes mellitus

Pembahasan: 

A. leukimia

Leukemia; dalam bahasa Yunani leukos λευκός, "putih"; aima αίμα, "darah"), atau lebih dikenal sebagai kanker darah merupakan penyakit dalam klasifikasi kanker (istilah medis: neoplasma) pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih).

B. anemia

Anemia (dalam bahasa Yunani: ἀναιμία anaimia, artinya kekurangan darah, from ἀν- an-, "tidak ada" + αἷμα haima, "darah" ) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari jantung yang diperoleh dari paru-paru, dan kemudian mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

C. diabetes inspiditus

Diabetes insipidus, DI adalah suatu penyakit dengan simtoma poliuria dan polidipsia. Jenis DI yang paling sering dijumpai adalah DI sentral, yang disebabkan oleh defisiensi arginina pada hormon AVP. Jenis kedua adalah DI nefrogenis yang disebabkan oleh kurang pekanya ginjal terhadap hormon dengan sifat anti-diuretik, seperti AVP.

D. diabetes mellitus


Diabetes melitus, DM (bahasa Yunani: διαβαίνειν, diabaínein, tembus atau pancuran air) (bahasa Latin: mellitus, rasa manis) yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (Insulin resistance), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari: defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, atau keduanya. defisiensi transporter glukosa. atau keduanya.

E. morbus basedow

Penyakit Basedow atau penyakit graves adalah kondisi medis yang ditandai dengan kadar hormon tiroid yang berlebihan akibat produksi berlebihan oleh kelenjar tiroid.Kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang terletak di bawah pita suara yang berperan dalam menghasilkan hormon seperti tiroid.[1] Pasien menunjukkan kelenjar tiroid yang membesar merata atau menyeluruh.[2] Kelenjar tetap teraba lunak, tidak keras seperti benjolan tiroid yang lainnya.

   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Seorang ibu mengalami beberapa gejala penyakit, diantaranya mudah haus, mudah lelah, dan mudah mengantuk. Untuk memastikan penyakit yang dideritanya, ibu tersebut melakukan pemeriksaan. Berdasarkan hasil pemeriksaan diperoleh hasil bahwa terjadi kerusakan pada pankreas sehingga jumlah insulin yang diproduksi rendah dan kadar gula darah 400 mmHg. Berdasarkan hasil pemeriksaan dapat diketahui bahwa ibu tersebut menderita .... "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani