Jelaskan istilah: gen, alel, genotipe, dan fenotipe.


Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XII (Penerbit Erlangga) Halaman 203-207:

Soal Uraian:

Jelaskan istilah: gen, alel, genotipe, dan fenotipe.

Jawaban:
  • Gen adalah faktor pembewa sifat. Gen dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gen domainan dan gen resesif. Gen dominan (kuat) dituliskan dengan huruf besar, Misialnya M membawa sifat manis. Gen resesif (lemah) dituliskan dengan huruf kecil, misalnya m membawa sifat masam. Sifat dari gen dominan akan menutup sifat gen resesif jika kedua gen tersebut berada bersama-sama, minalnya Mn membawa sifat rasa manis, bukan rasa asam.
  • Alel merupakan pasangan gen yang terdapat pada kromosom sehomolog (dari kedua induknya) yang menunjukan sifat alternatif sesamanya, contoh panjang dan pendek, manis dan asam, halus dengan keriput.
  • Genotipe (tipe gen) adalah keadaan genetik dari suatu induvidu atau populasi. Genotipe meruapakan faktor pembawa sifat dari kedua induknya.
  • Feniotipe adalah sifat yang muncul atau dapat diamati dari suatu organisme (baik struktural, biokimiawi, fisiologis, atau perilaku), misalnya warna bunga ungu, bentuk biji bulat.  


Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama