loading...

Indonesia merupakan negara dengan megabiodiversitas, apa maksudnya?

loading...
Buku Biologi Untuk SMA/MA Kelas X
Kelompok Matematika dan Ilmu Alam
Kurikulum 2013
Penerbit Erlangga

Disusun

Soal uraian halaman 82

No. 4. Indonesia merupakan negara dengan megabiodiversitas, apa maksudnya?

Jawaban:

Mega artinya besar, biodiversitas= keanekaragaman hayati, jadi megabiodiversitas = keanekaragaman hayati yang sanyat besar atau berlimpah. Kabarnya dari ratusan negara di dunia, ada 12 negara yang dikenal sebagai negara pemilik 70% keragaman hayati di dunia. 

Negara-negara tersebut adalah Australia, Brazil, China, Colombia, Ecuador, Amerika Serikat, India, Indonesia, Madagascar, Mexico, Peru and Kongo. Negara tersebut dikenal sebagai negara megabiodiversitas. Faktor yang mempengaruhinya seperti keadaan geografis suatu daerah dan iklim suatu daerah. Terjadinya biodiversitas karena perbedaan organisme secara genetik dan pengaruh lingkungan.


Indonesia memiliki kekayaan keaneka ragaman hayati yang begitu besar, karena banyak faktor seperti wilayah, iklim tropis, banyak hutan. Hutan-hutan indonesia menyimpan berbagai macam potensi serta plasma nutfah yang belum kita gali, namun krn penebangan n pembakaran hutan , indonesia yang dikenal dengan negara megabiodiversitasnya mungkin akan kehilangan banyak sekali keanekaragaman hayati.
loading...
loading...

0 Response to " Indonesia merupakan negara dengan megabiodiversitas, apa maksudnya? "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.