loading...

Ada dugaan penyakit kuru pada manusia terkait dengan praktik kanibalisme, Jelaskan

loading...
Buku Biologi Untuk SMA/MA Kelas X
Kelompok Matematika dan Ilmu Alam
Kurikulum 2013
Penerbit Erlangga

Soal uraian halaman 117

No 10 Ada dugaan penyakit kuru pada manusia terkait dengan praktik kanibalisme, Jelaskan

Jawaban:

Penyakit kuru adalah penyakit tertawa (The Sickness Laughing) yang disebabkan karena praktik kanibalisme yang memakan jaringan otak manusia yang terinfeksi. Satu-satunya cara agar terhindar dari penyakit ini adalah menghentikan kanibalisme.


Kuru pertama kali didokumentasikan di antara penduduk Fore Selatan pada awal abad ke-20 dan secara progresif menjadi semakin lazim pada 1950an. Puncaknya, paling banyak menimpa wanita-wanita berumur 20an dan 30an. Ini menyebabkan masalah-masalah sosial. Normalnya, pria mempunyai beberapa istri dan anak-anak dirawat oleh wanita. Namun karena penyakit ini, terlalu sedikit wanita-wanita yang bisa menikah dan pria-pria ditinggalkan dengan kewajiban merawat anak. Para pria benci dan bingung dengan situasi ini. Akhirnya penduduk Fore Selatan mempunyai suatu penjelasan sendiri untuk penyakit ini, mereka secara logis mengasumsikan bahwa Kuru adalah pekerjaan penyihir yang menggunakan sihir menular. Jadi, penduduk menjadi sangat hati-hati membersihkan bagian-bagian rumahnya untuk meyakinkan bahwa penyihir tidak bisa mendapatkan rambut, potongan kuku jari, feses, atau kepunyaan pribadi. Di belakang rumah, wanita yang sakit kadang-kadang menyatakan identitas penyerang mereka yang dikatakan datang ke mimpi. Selain itu, kaum pria juga membuat suatu tes untuk menentukan identitas si penyihir, yang sering menyebabkan tekanan baru ketika tes itu menyatakan penyihir itu mungkin tetangga dekat atau saudara.

 "ketika orang dari suku Fore di Papua Nugini dipotong-potong oleh keluarganya daging dari orang yang sudah meninggal ini sangat diharagai sebagai makanan untuk menghormatinya. Tapi bukan karena suku Fore kanibal atau membunuh sesama manusia, tapi karena tradisinya. Ketika tubuh orang Fore telah meninggal, tubuhnya akan dipotong-potong oleh keluarga yang meninggal dari pihak ibu. Perempuan akan mengiris tangan dan kaki otot strip dari tulang dan mengeluarkan otak dan internalnya. Dan akibat dari memakan tubuh inilah penyakit mulai muncul.

Penyakit langka di dunia ini akibat mengkonsumsi makan otak ini, infeksi pun terjadi dan penyakit ini dinamakan penyakit Kuru. 

Penyakit aneh ini biasanya dimulai dengan kehilangan koordinasi sehingga membuatnya goyah saat berjalan, lalu diikuti dengan gejala lainnya seperti timbul tremor, sakit kepala, nyeri sendi, kehilangan nafsu makan serta perubahan suasana hati yang parah. 

Perubahan suasana hati yang parah ini seperti rasa marah yang secara seketika berubah menjadi serangan tawa yang menakutkan. Tawa seram dan mengganggu ini mendorong orang-orang Fore menyebutnya sebagai penyakit aneh Kuru
loading...
loading...

0 Response to " Ada dugaan penyakit kuru pada manusia terkait dengan praktik kanibalisme, Jelaskan "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.