loading...

Pengertian Piramida Makanan

loading...
Pada ekosistem yang mantap jumlah produsen tebih besar daripada konsumen. Apabila dirinci Iebih lanjut, jumlah produsen Iebih besar daripada konsumen I, konsumen I Iebih besar daripada konsumen II, konsumen II Iebih besar daripada konsumen III, demikian seterusnya. Apabila keadaan tersebut kita gambarkan akan membentuk suatu piramida makanan, seperti terlihat pada gambar di samping. Piramida makanan yaitu tingkatan organisasi makhluk hidup yang didasarkan atas hubungan makan memakan.

Setiap kelompok organisme di dalam piramida makanan menempati tingkat tertentu,  yang  disebut tingkat trotik. Produsen selatu menempati trotik I, konsumen primer menempati trofik II, konsumen sekunder menempati trofik III, demikian seterusnya. Semakin rendah tingkat trofiknya, semakin besar kandungan energi atau biomassanya.

Piramida makanan (Estella Lavelin at.al. 1998. Botani Visual Resource Library. Mc.Graw Hill Co.)

Piramida makanan disebut juga piramida jumlah dan merupakan salah satu jenis piramida ekologi. Menurut fungsinya, piramida ekologi terbagi menjadi beberapa macam sebagai berikut.

1)  Piramida Jumlah

Tingkatan trotik pada piramida jum didasarkan pada penghitungan jurnlah individu tiap satuan luas, yaitu per m Contoh piramida jumlah seperti berikut ini.


2)  Piramida Biomassa 

Penentuan tiap tingkatan trofik pada piramida biomassa didasarkan pada
pengukuran massa individu dalam gram berat kering per m2. Contoh piramida biomassa seperti berikut.


3)  Piramida Energi

Penentuan tingkatan trofik pada piramida energi didasarkan pada energi yang dapat dikeluarkan oleh individu yang dinyatakan dalam mg berat kering per m2 hari. Contoh piramida biomassa seperti berikut ini:


*Modul Biologi KK-A Guru Pembelajar
loading...
loading...

0 Response to " Pengertian Piramida Makanan "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.