Pengertian Bunga dan Bangian-Bagiannya

Bunga adalah bagian pucuk yang terspesialisasi dan biasanya mengandung 4 jenis daun termodifikasi yang menjadi organ bunga. Organ bunga tersebut yang terlibat dalam proses bunga menjalankan fungsinya sebagai organ reproduksi tumbuhan angiosperma secara umum terdiri dari organ sepal (kelopak), petal (mahkota), stamen (benang sari), dan karpel (putik).

Organ yang terlibat langsung dalam pembuahan adalah stamen dan karpel. Sepal yang menutupi dan melindungi pucuk bunga sebelum mekar, warnanya hijau dan wujudnya mirip daun. Pada beberapa spesies, petal warnanya lebih terang daripada sepal yang bisa menarik kedatangan serangga dan polinator lainnya. Tetapi bunga yang polinasinya dibantu oleh angin memiliki warna bunga yang tidak terlalu mencolok.

Stamen tersusun atas filamen (tangkai sari) dan antera (kepala sari). Di dalam antera terdapat ruang-ruang yang bernama mikrosporangia (kantung polen) yang menghasilkan biji polen yang mengandung gametofit jantan. Karpel yang menghasilkan megaspora dan produknya yaitu gametofit betina, tersusun atas ovarium (bakal buah), stilus (tangkai putih), dan stigma (kepala putik). Stigma adalah bagian ujung dari karpel yang posisinya tinggi sehingga bisa menangkap polen. Antara stigma dan ovarium terdapat stilus yang muncul dari ovarium. Ovarium adalah tempat terjadinya pembuahan. Di dalamnya terdapat 1 ovulum atau lebih (tergantung spesies). Jika terjadi pembuahan/fertilisasi maka sebuah ovulum akan berkembang menjadi biji.

Gambar 2.21. Bagian-bagian bunga

Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki semua organ bunga. Beberapa spesies memiliki bunga tidak sempurna. Tidak memiliki sepal, petal, stamen, atau karpel. Bunga juga bervariasi dalam ukuran, bentuk, warna, bau, susunan organ, dan waktu pemekaran. Ada bunga yang tumbuh sendiri, sementara spesies lain bunganya tersusun berkelompok. Seperti yang dapat ditemukan pada bunga matahari. Bagian tengah bunga yang berbentuk cakram tersebut berisi ratusan bunga tidak sempurna berukuran kecil dan bagian yang mirip dengan petal sebenarnya adalah bunga steril.

*guru pembelajar
loading...

0 Response to " Pengertian Bunga dan Bangian-Bagiannya "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.