Loading...

Penyakit kurap disebabkan oleh jamur. (a) sebutkan nama spesiesnya (b) bagaimana cara agar kulit tidak terserang kurap?

   

Soal Uji Kompetensi No. 6 buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X (Penerbit Erlangga) Halaman 255:

Soal Uraian:

Penyakit kurap disebabkan oleh jamur.
(a) sebutkan nama spesiesnya
(b) bagaimana cara agar kulit tidak terserang kurap?

Jawaban: 

(a) nama spesiesnya: Trichophyton rubrum


(b) cara agar kulit tidak terserang kurap? 

Penyakit Kurap

Pencegahan kurap:

Penyakit kurap ini bisa dicegah dengan melakukan beberapa tindakan namun sebenarnya cara mencegah kurap ini lebih kepada gaya hidup yang harus senantiasa menjaga kebersihan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
  1. Selalu mandi dan keramas secara teratur maksimal tiga hari sekali dan ini harus dilakukan terutama jika anda habis menggunakan kendaraan umum dan bepergian bersama-sama.
  2. Selalu menjaga kebersihan kuku baik tangan maupun kaki dan memotongnya jika anda tidak bisa menjaga kebersihan kuku.
  3. Usahakan untuk selalu mencuci tangan terutama jika setelah berinteraksi fisik dengan hewan peliharaan dan juga sehabis keluar rumah.
  4. Selalu rutin mencuci pakaian, handuk dan juga seprai.
  5. Rutin membersihkan rumah terutama ruangan yang sering digunakan secara bersama-sama seperti dapur, kamar mandi, ruang makan, ruang tamu dan juga halaman bermain serta kamar tidur.
  6. Usahakan untuk selalu menggunakan alas kaki terutama saat anda keluar rumah dan jika hendak memasuki fasiilitas umum seperti kamar mandi hotel, toilet umum dan juga taman bermain.
  7. Usahakan anda tidak berbagi berbagai barang pribadi anda dengan orang lain seperti handuk, sikat gigi, topi, pakaian dalam dan lainnya. hal ini terutama pada anak-anak karena anak-anaklah yang biasanya terkena penyakit kurap.
  8. Jika anda memiliki hewan peliharaan dengan kondisi kulit yang pitak sebaiknya anda segera membawanya ke dokter hewan dan usahakan anda tidak melakukan kontak fisik dengan hewan peliharaan karena sangat mungkin hewan peliharaan anda mengalami penyakit kurap dan sangat mungkin menularkannya kepada anda.
Pencegahan Penularan:

Jika anda sedang menderita penyakit kurap, anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini supaya anda tidak menularkannya kepada orang lain, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Jangan berbagi barang pribadi anda dengan orang lain terutama yang menyentuh kulit sepert sikat gigi, pakaian dan handuk.
  2. Cucilah pakaian, seprai, handuk dan lainnya secara terpisah dengan menggunakan air panas dan deterjen yang mengandung disentifitan.
  3. Usahakan untuk membuat orang lain disekitarnya untuk mencuci tangan secara teratur.
  4. Meskipun terasa gatal namun usahakan untuk tidak menggaruknya karena dengan menggaruknya akan memindahkan spora jamur ke bagian tubuh lainnya. (halosehat.com)


   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Penyakit kurap disebabkan oleh jamur. (a) sebutkan nama spesiesnya (b) bagaimana cara agar kulit tidak terserang kurap? "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani