loading...

Pembahasan Soal Simulasi I UNBK Biologi SMA (Soal No 31) Tahun 2017/2018

loading...
Soal:

Nasi yang kita makan secara enzimatis akan diubah menjadi maltosa , proses tersebut berlangsung di dalam organ?
A. mulut dan usus halus
B. mulut dan pankreas
C. lambung dan usus halus
D. lambung dan hati
E. pankreas dan hati

Jawaban: 

A. mulut dan usus halus

Pembahasan:



Maltosa, juga dikenal sebagai maltobiosa atau gula malt, adalah senyawa karbohidrat dari kelompok disakarida. Sebagaimana jenisnya, maltosa ini terbentuk dari dua unit glukosa yang bergabung dengan ikatan α.

Maltosa memiliki rumus senyawa kimia. C12H22O11.

Maltosa dihasilkan dari pemecahan zat pati kompleks yang termasuk polisakarida oleh enzym amilase. Enzim amilase ini dihasilkan oleh kelenjar ludah dan pankreas.

Pemecahan polisakarida menjadi maltosa oleh amilase dari ludah berlangsung di mulut. Sementara pemecahan polisakarida menjadi maltosa oleh amilase dari pankreas berlangsung di usus halus.

Ketika enzym amilase ini bekerja pada polisakarida, enzym ini akan memotong polisakarida di berbagai tempat yang akan membentuk maltosa.

Makanan yang mengandung sejumlah besar pati tapi sedikit gula, seperti nasi dan kentang, bisa menjadi sedikit manis karena dikunyah karena amilase memecah pati menjadi gula seperti maltosa ini.

Maltosa kemudian akan dipecah oleh enzim maltase, yang menghasilkan dua molekul glukosa akibat pemecahan ikatannya. Glukosa yang dihasilkan dari pengolahan maltosa ini akan bisa diserap oleh pembuluh darah di sekitar usus. Glukosa kemudian dapat diproses lebih lanjut untuk dipecah untuk memberi energi bagi sel, atau disimpan sebagai cadangan makanan dalam bentuk glikogen. [brainly]

Baca selengkapnya: Pembahasan Soal Simulasi I UNBK Biologi SMA Tahun 2017/2018

Loading...
loading...

0 Response to " Pembahasan Soal Simulasi I UNBK Biologi SMA (Soal No 31) Tahun 2017/2018 "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.