Pembahasan Soal UN Biologi SMA Paket 1 Soal No 34 Tahun Pelajaran 2016/2017

Soal:

Berikut ini adalah pernyataan yang berhubungan dengan asal usul kehidupan.
  1. Timbulnya kehidupan hanya mungkin jika telah ada kehidupan sebelumnya.
  2. Belatung tidak terbentuk dari daging yang membusuk
  3. Pada atmosfer purba tidak terdapat unsur oksigen
  4. Zat hidup yang paling sederhana berkembang menjadi organisme yang lebih kompleks dalam waktu berjuta-juta tahun
Pernyataan di atas yang sesuai dengan teori Biologi modern adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

Jawaban:

E. 3 dan 4

Pembahasan:

Teori biologi modern merupakan teori evolusi kimia, yang berpendapat bahwa bumi ini pada awalnya sangat panas sekali ( tidak terdapat unsur oksigen ), kemudian suatu ketika bumi mengalami proses pendinginan. Dari proses-proses tersebut maka dapat dihasilkan bahan-bahan kimia.

Bahan-bahan yang berat akan menyusun bumi sedangkan bahan yang ringan akan menyusun atmosfer. Dalam waktu yang lama maka bahan-bahan organik tersebut akan berikatan satu dengan lainnya membentuk selaput-selaput, kemudian molukel organik berselaput ini akan mengikat molekul lainnya dan menyatukan diris sehingga terbentuk gabungan molekul baru yang karakteristik. Ikatan kompleks inilah yang diperkirkan merupakan awal dari kehidupan.

Tokoh-tokoh teori adalah sebagai berikut:
  • Alexander Oparin
Atmosfer mengandung uap air (H2O), metana (CH4), amonia (NH3), hidrogen (H2), nitrogen (N2), dan sianogen (CN)2. Senyawa-senyawa tersebut kemudian mengembun dan jatuh ke bumi disertai petir. Selanjutnya membentuk senyawa organik sederhana dan perlahan-perlahan menjadi organisme. [pernyataan 3 dan 4 benar]
  • Harold Urey
Atmosfer purba mengandung gas hidrogen (H2), amonia (NH3), metana (CH4), dan uap air (H2O). Gas-gas bereaksi dengan bantuan halilintar, sinar kosmik, dan agen lainnya membentuk senyawa organik sederhana. Selanjutnya senyawa organik tersebut berkembang menjadi organisme.
  • Stanley Miller
Stanley menguji teori Urey dengan tabung yang gas hidrogen, amonia, metana, dan uap air. Tabung tersebut dialiri listrik bertegangan tinggi sebagai ganti dari halilintar. Setelah seminggu ternyata terbentuk asam amino yang merupakan dasar kehidupan.

Jadi jawaban yang benar adalah  E. 3 dan 4


Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama