Loading...

Manusia memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dari pada hewan. Adakah hubungannya dengan jumlah kromosom didalam setiap sel tubuhnya? Jelaskan alasannya.

   

Soal Uji Kompetensi Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XII (Penerbit Erlangga) Halaman 123-127:

Soal Uraian:

Manusia memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dari pada hewan. Adakah hubungannya dengan jumlah kromosom didalam setiap sel tubuhnya? Jelaskan alasannya.

Jawaban:

Apakah jumlah kromosom mempengaruhi tingkat kecerdasan makhluk hidup?

Tidak!

Jumlah kromosom antar organisme berbeda-beda dan tidak dipengaruhi oleh derajat tingkatan kesempurnaan suatu organisme maupun ukuran tubuhnya. Contohnya, ikan mas 94 kromosom, kuda memiliki 64 kromosom, sedangkan manusia memiliki 46 kromosom.

*Baca buku halaman 193

Jawaban lainnya:

Manusia memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi atau paling tinggi dibandingkan dengan hewan lainnya. 

Tingkat kecerdasan manusia ini tidak ada kaitannya dengan jumlah kromosom yang dimiliki di dalam setiap sel tubuh hewan atau manusia.

Sebagai contoh kita akan coba dengan bandingkan jumlah kromosom manusia dengan hewan, seperti nampak berikut ini:
  • Manusia mempunyai jumlah kromosom sebanyak 46 buah kromosom.
  • Gorila mempunyai jumlah kromosom sebanyak 48 buah Kromosom.
Dari data tersebut dapat kita bandingkan bahwa jumlah kromosom tidak mempengaruhi kecerdasan makhluk hidup, contohnya gorilla tidak lebih cerdas dari manusia padahal jumlah kromosomnya lebih banyak. Bahkan jika kita membandingkan sesama manusia, dengan jumlah kromosom yang sama sekalipun, kecerdasan masing masing orang akan berbeda satu dengan yang lainnya.

Pada dasarnya tingkat kecerdasan merupakan gabungan antara faktor genetik atau keturunan dan faktor lingkungan yang akan memproses faktor genetik atau bakat menjadi kecerdasan nyata.

Sumber: https://brainly.co.id/tugas/7652047
   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Manusia memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dari pada hewan. Adakah hubungannya dengan jumlah kromosom didalam setiap sel tubuhnya? Jelaskan alasannya. "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani